73,2 Juta Akun Berhasil Dibobol. Ini Cara Mengamankan Secara GRATIS

  • Home
  • Fix-Tips
  • 73,2 Juta Akun Berhasil Dibobol. Ini Cara Mengamankan Secara GRATIS

Sekelompok hacker lagi-lagi berhasil membobol situs e-commerce di Indonesi, yaitu Bhinneka. Jutaan akun berhasil diambil dan dijual. Bhinneka langsung mengatakan kepada para pelanggannya untuk sesegera mungkin mengganti password akun mereka. Jika khawatir kita terlalu banyak mengganti password, sebenarnya ad acara gratis dari Google untuk menyimpan dan mengamankannya.

Sekelompok hacker bernama ShinyHunters mengklaim telah berhasil membobol 10 perusahaan e-commerce. Mereka yang melakukan pencurian data terhadap Tokopedia dan kali ini Bhinneka. Bhinneka mengalami kerugian sampai 1,2 juta akun pengguna. Secara keseluruhan hacker ini berhasil mempunyai 73,2 juta akun yang sedang dijual di darkweb.

Para e-commerce memang menyerukan untuk sesegera mungkin mengganti password yang ada dan menghubungkannya dengan nomor pribadi kita agar lebih aman. Dan password yang diganti diusahakan tidak sama antara situs satu dengan lainnya. Karena dikhawatirkan jika satu bocor, yang lain akan ikut terkena imbasnya.

Sebenarnya banyak aplikasi ponsel yang menyediakan password manager. Sebuah wadah yang menghimpun berbagai password dan dienkripsi aman. Tapi kebanyakan layanan yang diberikan berbayar. Jika teman-teman Fixme ingin menikmati yang gratisan, sebenarnya Google telah menyediakannya dengan fitur bernama Google Smart Lock.

Google Smartlock tersedia untuk Android 5.0 keatas. Fitur ini juga bisa dinikmati di perangkat Apple dengan mengunduh aplikasi dengan nama serupa.

Secara umum fitur ini memberikan keamanan gratis asalkan pengguna mengingat password Gmail yang digunakan. Dan pastinya sangat dianjurkan menghubungkan akun Gmail dengan nomor ponsel agar tidak mudah dibobol oleh orang lain.

Ada beberapa fitur di Google Smart Lock ini. Tapi yang akan bahas disini adalah fitur untuk menyimpan password. Untuk mengaktifkannya sangat mudah :

  1. Buka setting ponsel
  2. Masuk ke Google
  3. Pilih akun yang ingin digunakan untuk menyimpan password
  4. Lalu pilih manage your google account
  5. Geser ke kanan sampai menemukan security
  6. Dibagian bawah nanti akan menemukan password manager
  7. Lalu dibagian atas nanti akan menemukan lambang gear/gigi untuk mengatur password manager
  8. Nyalakan pilihan offer to save password. Nanti Google akan otomatis menyarankan untuk menyimpan password saat pengguna memasukan password di suatu aplikasi atau situs.

Password yang telah disimpan juga bisa dilihat dibagian password manager. Tentunya tidak sembarangan bisa dilihat. Teman-teman Fixme harus memasukan password ponsel atau sidik jari untuk melihat password yang telah tersimpan.



1 Comment

avatar

Wow, superb blog format! How long have you ever been blogging for?
you make blogging glance easy. The overall look of your
website is great, as neatly as the content! You can see similar here
e-commerce

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *