Amankah Memakai Ponsel Berumur?

Tidak sedikit yang memakai ponsel yang sudah berumur. Karena disamping harganya sudah turun, ponsel berumur yang masih dipakai pada umumnya adalah “mantan” flagship. Sehingga memiliki penampilan dan performa yang baik. Tapi Christoph Hebeisen, selaku Security Intelligence di Lookout memiliki kekhawatiran sendiri mengenai ponsel ini.

Ponsel yang sudah lebih dari 3 tahun untuk Android biasanya mendapatkan update sangat lambat dibanding keluaran baru. Atau bahkan ada juga yang tidak mendapatkan update keamanan. Sama halnya dengan Apple. Walaupun memiliki umur yang lebih Panjang dalam hal update software, tapi tetap ada Batasan umurnya.

SECURITY PATCH

Umumnya ponsel yang sudah tidak mendapatkan update system operasi, masih mendapatkan security patch. Update ini sangat dianjurkan untuk diinstal karena akan menambal keamanan lama. Jadi bisa mencegah para hacker atau virus yang menyerang.

KENAPA BERHENTI?

Tapi kenapa para vendor memberhentikan update yang diberikan ke dalam suatu ponsel? Padahal banyak pengguna setia yang suka berlama-lama menggunakan ponsel. Hal ini dilakukan tidak lain dan tidak bukan agar para pengguna sesegera mungkin membeli perangkat baru. Agar ponsel lama mereka terlihat usang. Jadi vendor menghentikan update atau sekedar membatasinya dalam kurun waktu tertentu.

JADI APAKAH AMAN?

Dikutip dari CNET, Christoph Hebeisen selaku kepala keamanan di Lookout mengatakan, “ kami tidak bisa mengatakan memakai perangkat yang tidak mendapatkan lagi update itu aman. Karena setiap bulan atau bahkan minggu, kejahatan dunia maya semakin bertambah.”

Yang paling vital adalah jika ponsel kita tidak aman, data pribadi bisa dibobol. Data bank, password, foto pribadi, dan masih banyak lagi. Saat ini data pribadi adalah hal yang paling menjanjikan untuk dijual.

BAGAIMANA MENGETAHUI PONSEL KITA SUDAH USANG ?

Sayangnya memang vendor tidak memberitahu pengguna jika ponsel kita sudah tidak diberi update. Tapi pada umumnya Android itu idealnya dipakai sampai 3 tahun. Bisa dikatakan “agak” aman sampai 4-5 tahun, tapi itu rentan. Jika perangkat Apple memang bisa digunakan lebih lama. iPhone masih mendapatkan update sampai 5 tahun lamanya.

Jadi patokan saat ini memang dari kurun waktu ponsel diluncurkan saja. Bukan lamanya kita memegang ponsel berapa lama.

Untuk mengetahui ponsel kita dihack atau tidak memang agak sulit. Yang sering terlihat adalah adware. Dimana ada popup iklan yang muncul begitu saja padahal kita tidak sedang membuka aplikasi apa-apa. Berarti ada virus berupa iklan yang sudah masuk. Untuk virus atau malware lainnya sangat sulit untuk dideteksi. Kita hanya bisa memastikan penggunaan kita tidak terlalu lama dalam memakai ponsel dan tidak sembarangan mengunduh suatu file di tempat yang kita tidak kenal.



4 Comments

avatar

Wow, fantastic weblog format! How lengthy have you ever been blogging for?
you made blogging look easy. The whole look of your
site is excellent, as smartly as the content material!
You can see similar here e-commerce

avatar

Hey there! Do you know if they make any plugins to assist with SEO?

I’m trying to get my site to rank for some targeted keywords but I’m not
seeing very good gains. If you know of any please share. Appreciate it!
I saw similar blog here: GSA List

avatar

Hey there! Do you know if they make any plugins to assist with Search Engine Optimization? I’m trying to get my site to rank for some targeted keywords but I’m not seeing very good success.
If you know of any please share. Thanks!
I saw similar blog here: Hitman.agency

avatar

Hello! Do you know if they make any plugins to help with Search Engine Optimization? I’m
trying to get my site to rank for some targeted keywords but I’m
not seeing very good gains. If you know of any please share.
Thank you! I saw similar blog here: GSA Verified List

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *