Xiaomi Mengembangkan Fitur RAM “Tambahan” Seperti Vivo Seri X60

  • Home
  • Fix-Info
  • Xiaomi Mengembangkan Fitur RAM “Tambahan” Seperti Vivo Seri X60

Vivo belum lama ini sudah menjual secara resmi seri X60 dengan fitur Extended RAM. Fitur ini bisa menghadirkan RAM “tambahan” untuk membantu kinerja RAM lebih leluasa. Tapi ternyata Xiaomi juga saat ini sedang mengembangkan fitur serupa dengan nama “Memory Extension” yang cukup dinyalakan sekali klik saja. Tapi sebenarnya bagaimana fitur ini bekerja?

Fitur “penambah” RAM ini sebenarnya sudah lebih dikenal dengan nama virtual RAM. Fitur ini sudah lebih dulu ada di sebuah PC. Sistemnya virtual RAM ini akan menambahkan kapasitas RAM dari kapasitas penyimpanan hard disk atau sebuah flash disk.

Virtual RAM ini sekarang mulai diperkenalkan secara luas di pasar ponsel. Sebenarnya vitur ini sudah ada sejak dulu di Android. Tapi untuk menggunakan fitur ini, pengguna harus melakukan proses rooting dahulu. Nantinya virtual RAM akan mengambil kapasitas dari microSD.

Di Vivo seri X60 mengambil kapasitas penyimpanan mencapai 3GB untuk membantu kinerja RAM. Sedangkan di Xiaomi yang saat ini sedang dikembangkan di MIUI 12 akan memakan kapasitas sampai 1GB.

Di xiaomi ini sayangnya belum ada kabar apakah fitur ini akan hadir di model tertentu atau akan hadir di seluruh lini ponsel. Yang pasti saat ini baru hadir di beberapa MIUI versi beta.

Dengan adanya fitur RAM tambahan ini, pengguna bisa lebih banyak membuka aplikasi dan lebih tenang aplikasi yang dibukanya berjalan di latar tanpa ditutup oleh sistem.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *