Windows Lemot ? Ini Dia Tips Sederhana Biar Lebih Cepat !

  • Home
  • Fix-Tips
  • Windows Lemot ? Ini Dia Tips Sederhana Biar Lebih Cepat !

Banyak hal yang membuat PC atau laptop menjadi “lemot”. Penyebabnya bisa dari berbagai hal, mulai dari virus, terlalu banyak aplikasi, atau bahkan kecerobohan sendiri karena tidak bisa mengatur apasaja yang ada didalamnya. Kali ini Fixme akan memberikan tips mudah bagaimana cara mempercepat PC atau laptop berbasis Window. Bagaimana caranya ? let’s check it out !

Tips kali ini sering dilupakan oleh banyak pengguna yang sudah banyak menginstal program. Sebenarnya walau banyak program yang diinstal banyak, tapi kapasitas harddisk masih banyak juga itu tidak masalah. Yang harus diperhatikan adalah program yang diinstal walaupun tidak berjalan di latar belakang, tapi tetap ada fitur yang selalu berjalan walaupun tidak membukanya. Seperti fitur otomatis update, otomatis sinkronisasi, atau hal lainnya yang selalu berjalan tanpa kita butuhkan.

Akan sulit memang untuk mencari program apasaja yang berjalan di background.  Tapi yang lebih mudah adalah mengetahui apa saja aplikasi yang otomatis berjalan saat Windows baru menyala. Jika memantau aplikasi yang berjalan dan sembarangan mematikannya lewat task manager tanpa tahu program atau kegiatan apa yang dimatikan, akan sangat riskan.

Untuk melihataplikasi yang berjalan di latar belakang saat windows menyala, untuk pengguna Windows 10 tinggal masuk ke task manager dengan menekan ctrl+alt+del. Lalu klik more details, nanti muncul beberapa tab. Dan pilih tab startup.

Untuk pengguna Windows 7 tinggal tekan windows+r, ketikmsconfig, lalu tekan enter. Nanti ada jendela startup dan muncul juga berbagai program yang otomatis berjalan di latar belakang saat PC atau laptop beru menyala.

Teman-teman Fixme tinggal mematikan program / disable yang tidak perlu. Untuk antivirus, driver perangkat ( program akan memiliki nama seperti “intel” atau program speaker akan bernama Realtek ) tidak perlu dimatikan. Pasti akan banyak program seperti adobe, Microsoft, dan lainnya yang tidak perlu dinyalakan. Itu akan membuat Windows booting lebih cepat dan saat sudah berjalan tidak akan berat.

Teman-teman Fixme juga biasanya akan menemukan program yang tidak dikenal yang bisa kemungkinan itu virus atau adware yang terinstal tidak sengaja. Banyak yang terinstal tanpa sepengetahuan seperti chromium, byteware, dan lainnya. Memang tidak berbahaya, tapi akan membuat berat karena ada program yang terinstal secara tidak sengaja oleh virus atau adware.

Jadi baiknya berkala untuk mengecek program apasaja yang berjalan saat Windows baru menyala ya !



1 Comment

avatar

Wow, marvelous weblog format! How lengthy have you ever been running a
blog for? you made running a blog glance easy.

The entire look of your web site is magnificent, as smartly
as the content material! You can see similar here e-commerce

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *