Virus Joker Mulai Mencuri Uang di Ponsel Huawei

Joker trojan virus sudah beberapa tahun menyebar diantara ponsel-ponsel Android. Kali ini giliran Huawei yang mulai diserang. Padahal Huawei cukup terkenal aman dalam masalah keamanan. Virus ini akan memaksa pengguna berlangganan layanan premium dan akan menyedot uang kita, tanpa ada notifikasi sedikitpun.

Virus ini dikontrol melalui server, yang bisa menjalankan berbagai Tindakan illegal tanpa sepengetahuan pengguna. Walaupun sampai saat ini virus hanya mampu melakukan langganan paksa layanan premium sampai 5 saja, tapi tidak dapat dihentikan. Karena sudah terikat kontrak tanpa sepertujuan.

Virus joker ini terus bermutasi dari hari ke hari, sehingga sangat sulit untuk mencegahnya walaupun ponsel sudah mendapatkan security patch dari Google. Sampai sekarang virus joker ini sudah berselancar bebas di Google Play Store dengan menyamar sebagai aplikasi yang sulit untuk dideteksi. Saking cepatnya bermutasi, virus ini langsung menyergap para ponsel Huawei yang pada basisnya tidak terikat layanan Google.

Tentunya virus ini menjelma sebagai aplikasi di Huawei AppGallery. Saat ini Huawei masih berusaha membasmi aplikasi yang terjangkit virus ini. Kemungkinan besar virus ini akan juga terjun ke ekosistem Apple.

Untuk mencegahnya untuk saat ini jangan sembarangan mengunduh aplikasi diluar store resmi Google atau Apple atau bahkan Huawei. Usahakan aplikasi yang diunduh diproduksi oleh developer yang sudah terkenal. Bukan developer yang tidak memiliki basis informasi yang tidak jelas.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *