TikTok Terciduk Lagi Masalah Keamanan

Banyak pihak yang mengungkapkan TikTok sangat berbahaya bagi keamanan ponsel kita. Hal itu semakin diperkeruh dengan bukti nyata Ketika iOS 14 versi beta dirilis Apple. Pada iOS 14 Tiktok ketahuan secara sembunyi-sembunyi mengakses sesuatu tanpa seizin penggunanya dan itu sangat berbahaya.

Jadi iOS 14 semakin memiliki keamanan yang kuat. Pengguna dapat lebih melihat dan mengatur keamanan lebih luas. Setiap aplikasi meminta atau melakukan suatu Tindakan, pasti pengguna akan langsung mengetahui. Dan TikTok diketahui selalu mengakses clipboard pengguna tanpa izin. TikTok selalu mengakses clipboard pengguna dan pada iOS 14 untungnya selalu ada notifikasi.

Mungkin yang lebih sederhana clipboard ini adalah kata atau kaliamat atau gambar yang kita “copy” atau salin, yang nantinya kita akan “paste” atau terapkan di suatu kolom manapun. Dan ini sangat berbahaya. Karena kita tidak selalu meng-copy kata yang tidak penting. Kemungkinan besar ada yang men-copy suatu password atau suatu kalimat yang sensitive untuk diketahui orang.

TikTok selalu “menyusup” kepada clipboard, walaupun aplikasi TikTok sedang tidak digunakan.

Induk perusahaan TikTok, ByteDance, mengatakan akan sesegera mungkin untuk berhenti mengakses clipboard penggunanya. Mereka sudah mengirim surel kepada beberapa media dan sudah mulai menerapkan update baru pada TikTok di App Store.

TikTok sudah diterpa masalah keamanan sejak Februari 2019. Saat itu TikTok harus membayar sampai 5,7 juta USD kepada Federal Trade Commision karena permasalahan COPPA, atau yang lebih dikenal dengan perlindungan anak-anak. Saat itu TikTok dijerat peraturan ini karena anak dengan umur 13 tahun bisa mengakses TikTok dengan bebas.

Beberapa agensi pemerintah Amerika Serikat juga sudah memperingati warganya untuk menghentikan penggunaan TikTok ini. Mulai dari Navy, tentara Amerika serikat, dan pihak lainnya sangat khawatir akan keamanan ini karena hubungan ByteDance dan pemerintah Cina yang mungkin harus dipertanyakan.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *