Lakukan Hal Ini Agar Obrolan di Telegram Tidak Bocor

  • Home
  • Fix-Tips
  • Lakukan Hal Ini Agar Obrolan di Telegram Tidak Bocor

Telegram menjadi salah satu pesaing kuat WhatsApp. Memiliki keunggulan yang menarik mulai dari anggota grup yang lebih banyak sampai keamanan enkripsi end-to-end yang membuat obrolan kita tidak bocor. Tapi fitur enkripsi ini sebenarnya tidak berjalan otomatis seperti yang ada di WhatsApp. Pengguna harus mengaturnya sendiri agar obrolan tidak dapat dilihat oleh pihak manapun, termasuk dari Telegram itu sendiri.

Jika kita langsung ingin mengobrol dengan kontak Telegram kita, obrolan yang terjadi tidak akan terenkripsi end-to-end. Yang mengartikan obrolan kita dapat tersebar dan terlihat oleh siapa saja layaknya kita membuat status atau postingan di Facebook.

Untuk mengaktifkan fitur enkripsi ini saat akan memilih kontak untuk melakukan obrolan, kita harus memilih secret chat. Fitur ini akan membuat obrolan terenkripsi dan sangat rahasia, bahkan tidak dapat melakukan screenshot obrolan di dalamnya. Obrolan kita tidak akan bisa dibobol oleh siapapun.

Sayangnya fitur enkripsi di telegram ini tidak berlaku untuk group chat. Fitur group di Telegram walaupun bisa banyak menampung banyak anggota, tidak memiliki fitur enkripsi. Jadi jika teman-teman Fixme memiliki group telegram jangan pernah membicarakan hal sensitive seperti password, akun bank, atau obrolan sensitive lainnya. Karena sangat berpotensi tersebar dengan mudah.

Jika memang teman-teman Fixme sangat peduli dalam hal privasi, aplikasi Signal adalah yang terbaik. Bahkan fitur enkripsinya lebih baik dibanding WhatsApp. Tapi Signal tidak memiliki fitur seberagam Telegram ataupun WhatsApp.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *