Ini 8 STB Yang Tersertifikasi Oleh KOMINFO. Jangan Salah Pilih !

  • Home
  • Fix-Info
  • Ini 8 STB Yang Tersertifikasi Oleh KOMINFO. Jangan Salah Pilih !

Pada 2 November 2022 mendatang Indonesia memutuskan untuk bergerak ke siaran TV digital dari analog. Tentunya migrasi ini akan dilakukan secara bertahap. Pemerintah juga sudah mulai mempersiapkan Set Up Box (STB) gratis untuk keluarga yang kurang mampu. Tapi untuk yang ingin membeli STB sendiri tidak sembarangan. Karena ada beberapa STB yang sudah tersertifikasi KOMINFO, mulai dari Polytron sampai Evercoss.

Untuk teman-teman Fixme yang sudah memiliki TV digital yang biasanya sudah tersemat di dalam Smart TV, tentunya tidak memerlukan STB ini. Tapi STB ini diperlukan oleh sebuah TV yang basisnya hanya bisa menangkap sinyal analog.

Apakah membutuhkan sebuah internet? Tentunya tidak. STB ini akan bekerjsa seperti antenna biasa tanpa bantuan internet. Nantinya kita langsung bisa menikmati siaran TV Indonesia dengan kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan sinyal analog.

Ada 8 daftar STB yang sudah tersertifikasi oleh KOMINFO :

  1. Nexmedia (NA1300/DVB-T2 MPEG4 HD)
  2. Polytron (PDV 600T2)
  3. Ichiko (8000HD)
  4. Akari (ADS-2230, ADS-168 dan ADS-210)
  5. Venus (Brio)
  6. Tanaka (T2)
  7. Matrix (Apple)
  8. Evercross (STB1)
  9. Nextron (NT2000-D dan TR 1000)

Untuk keluarga yang kurang mampu nantinya pemerintah akan membuat mekanisme tersendiri, agar keluarga kurang mampu ini tidak keberatan saat migrasi terjadi.

Nantinya aka nada 4 tahap penghentian tv berbasis Analog. Tahap ini akan dimulai pada 17 Agustus 2021 sampai akhir nanti 2 November 2022. Nantinya TV yang hanya memiliki penangkapan sinyal analog, tidak akan bisa menikmati siaran apapun tanpa bantuan STB.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *