Sensor ECG : Apa dan Kenapa Penting untuk Jantung?

  • Home
  • Fix-Info
  • Sensor ECG : Apa dan Kenapa Penting untuk Jantung?

Kalian pasti pernah mendengar sebuah fitur yang dinamakan “ECG” alias EKG yang sedang dalam proses untuk diterapkan ke perangkat yang dapat dikenakan akhir-akhir ini. Perangkat seperti Samsung Galaxy Watch 3, Apple Watch Series 6, Withings ScanWatch dan lainnya adalah diantara beberapa smartwatch yang sekarang hadir dengan sensor ECG.

withings scanwatch review taking an ecg recording fingers bezelKredit: Jimmy Westenberg / Android Authority

Apa Itu ECG?

Singkatnya yaitu Electrocardiogram, ECG adalah sebuah pengujian yang mengukur aktivitas elektrik dari jantung.

Dengan setiap detak, sebuah gelombang listrik dikirim melalui jantung. Hal ini menyebabkan kontraksi dan memompa darah ke seluruh tubuh. ECG mengukur gelombang elektrik ini untuk membantu menentukan kesehatan jantung pengguna.

Ini dilakukan dengan mengukur jumlah aktivitas listrik di jantung dan waktu antara detak jantung. Hal ini bisa membantu menentukan jika aktivitas jantung adalah normal, lamban, cepat atau tidak biasa. Ia juga bisa mengetahui jika bagian dari jantung terlalu besar atau terlalu banyak bekerja.

ECG vs EKG : Apakah berbeda?

Satu-satunya perbedaan antara ECG vs EKG terletak pada pengejaan dari singkatannya. ECG adalah singkatan dari electrocardiogram atau electrocardiograph yang keduanya adalah kata dalam bahasa inggris, sedangkan EKG adalah singkatan pengejaan Jerman dari elektrokardiogramm. Secara fungsional, sensor electrocardiogram dan sensor elektrokardiogramm adalah hal yang sama persis.

Bagaimana cara kerja ECG?

Dimasa lalu, teknologi ini secara eksklusif digunakan oleh medis secara profesional untuk mengevaluasi pasien. Melalui proses ini, seorang teknisi medis menempelkan sepuluh perekat elektroda adhesif ke dada, tangan dan kaki pasien. Perekat itu menghubungkan pasien ke mesin yang menginterpretasikan dan menampilkan pola kelistrikan jantung untuk evaluasi seorang dokter. Prosesnya sangat mudah, tidak menyakitkan, dan hanya membutuhkan waktu sepuluh menit untuk menyelesaikannya.

Jadi, jika cara melakukan ECG ini sangat sederhana, kenapa fitur ini sangat dibutuhkan di teknologi yang bisa dipakai? Sebagai permulaan, orang dengan masalah jantung membutuhkan pengawasan secara berkala untuk kesehatan jantungnya. Itu bisa jadi momen yang sulit disaat anda tidak bisa segera menemui seorang dokter. Membeli hal yang dapat dipakai dengan sensor ECG bisa jadi jalan terbaik untuk tetap mengawasi kesehatan jantung tanpa perlu membuat janji dengan seorang dokter disetiap minggu.

Hal yang terpenting, gelang dengan ECG tidak bermaksud untuk menggantikan uji ECG medis secara profesional. Itu mungkin bisa membantu dalam kondisi tertentu, tetapi anda harus selalu berkonsultasi dengan dokter anda berkenaan dengan kesehatan jantung anda.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *