Pesawat Terbang Tanpa Mesin Yang Bergerak Pertama di Dunia

  • Home
  • Fix-Tory
  • Pesawat Terbang Tanpa Mesin Yang Bergerak Pertama di Dunia

Biasanya pesawat atau heli kopter untuk terbang pasti memiliki mesin yang bergerak untuk membuatnya terbang. Baik itu baling-baling atau turbin jet. Tapi peneliti di universitas Massachusetts Institute of Technology (MIT) membuat terobosan baru di bidang penerbangan. Mereka membuat pesawat pertama dengan tidak adanya mesin yang bergerak, jadi saat terbang tidak ada suara.

Dulu saat wright bersaudara meluncurkan pesawat pertamanya 100 tahun lalu, setiap pesawat terbang dibantu suatu mesin yang bergerak, yang dibantu oleh bahan bakar atau baterai untuk membuatnya bergerak konsisten dan maju. Tapi dengan pesawat yang ringan, yang terinspirasi dari film star trek. Pesawat ini bisa terbang tanpa turbin atau bahan bakar untuk terbang.

Pesawat ini ditenagai oleh “ionic wind” yang sunyi yang diproduksi ketika pesawat terbang. Angin itu dibantu oleh dorongan elektrodinamik, yang memakai sepasang elektroda yang mendorong ion disekitarnya dan membuat ionic wind. Sebenarnya konsep ini sudah dipakai oleh Apple di laptopnya pada tahun 2012 untuk mendinginkan mesinnya, tapi ini adalah pertama kali diterapkan di pesawat yang bisa terbang.

Pesawat ini memiliki kabel tipis di sayapnya, yang disetiap kabelnya memiliki aerofoil. Kabel itu memiliki muatan positif dan memiliki tegangan sampai 20.000 volt. Komponen bermuatan positif ini menarik electron bermuatan negatif di udara, dan melepasnya menjadi ion positif di udara. Ion yang tertarik lalu terlepas menjadi bermuatan positif itu mendorong udara di sekitarnya dan membuat pesawat maju searah.

Pesawat yang didesain mempunyai berat 2.27 kilogram dengan bentangan sayap mencapai 5 meter. Peneliti MIT sukses menerbangkan pesawat itu dengan jarak 60 meter dengan pengulangan sampai 10 kali.

Dengan adanya pesawat ion ini diharapkan kedepannya bisa membuat pesawat yang irit bahan bakar dan tidak membuat polusi suara. Atau lebih dekatnya bisa menggantikan drone yang pada umumnya sangat berisik ketika di terbangkan.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *