Perlukah Antivirus Pada MacOS ?

Apakah Mac akan terinfeksi virus? Apakah Mac membutuhkan antivirus? Pasti pertanyaan itu banyak terbesit dipikiran teman-teman Fixme. Kali ini Fixme akan membahas bagaimana jalannya keamanan dalam sistem operasi Mac. Melihat perkembangan virus Mac sangat pesat. Menurut laporan pada bulan Maret 2018 dari Malwarebytes, virus Apple berkembang pesat 270% semenjak 2017.

Keamanan Mac bisa dikatakan lebih aman dibanding windows. Mac dibuat berdasarkan Unix yang memberikan keamanan yang cukup baik. Ditambah Apple menambahkan fitur-fitur keamanannya yang terus dikembangkan. Walaupun tetap bukan berarti kebal total terhadap virus yang ada.

APA VIRUS TERBARU YANG ADA DI MAC?

Semenjak Agustus 2018 mulai bermunculan virus yang disebar melalui browser. Pengguna sedang menjelajah internet, dan tiba-tiba muncul halaman baru yang memberitahu bahwa Mac kita terkena virus dan dianjurkan untuk menginstal software yang bisa membasmi virus tersebut. Padahal software tersebut hanya merugikan pengguna Mac saja.

Pada Mei 2018 cryptominer app mshelper mengincar pengguna Mac. Virus ini membuat Mac kita berjalan menjadi lambat dan panas dibanding sebelumnya. Itu terjadi karena virus menjalankan suatu program yang berhubungan dengan crypto currency miner yang membutuhkan perangkat untuk menambang emas.

Kembali pada Februari 2018 Mac diancam oleh adware atau virus iklan yang menyamar sebagai installer adobe flash player. Adobe palsu tersebut membawa kita kepada situs-situs dan menginstal aplikasi seperti BitTorrent, mediadownloader dan lainnya.

BAGAIMANA APPLE MELINDUNGI MAC DARI VIRUS?

Mac tidak seperti Windows yang mudah untuk mengatur keamanan yang ada, tapi dalam bukan dalam konteks yang jelek. Keamanan Mac memang tetap bisa diatur, tapi dasarnya keamanan yang ada otomatis berjalan dan sulit untuk di nonaktifkan, baik oleh sendiri maupun oleh virus.

Mac selalu mengidentifikasi setiap file yang baru masuk dari internet maupun dari flashdisk atau media lainnya tanpa sepengetahuan kita. Jika ada yang tidak wajar atau aplikasi yang ada itu tidak bisa dipercaya sumbernya, Mac akan memberitahunya.

Mac memiliki scanner yang handal seperti Xprotect, yang berjalan dengan tidak terlihat dan otomatis. Pengguna tidak bisa mengaturnya, walaupun begitu tapi dia berjalan dengan baik dengan fitur dan list virus yang terus dikembangkan. Xprotect ini sudah tertanam di sistem operasinya, bukan software tambahan yang bekerja memperlambat kinerja Mac.

Tambahan lainnya Mac juga memblokir setiap pengunduhan program yang berjalan dari developer yang belum dipercaya oleh apple. Program yang diunduh tidak bisa dibuka jika selesai diunduh. Walaupun tetap bisa dibuka dengan mengaturnya sendiri oleh pengguna, tapi fitur ini akan terus berjalan dan berguna jika ada virus yang mencoba menginstal sendiri program yang tidak dikenal. Karena tetap butuh izin dari pengguna jika ingin menginstal aplikasi yang bukan dari rekomendasi Apple. Setiap izin darimanapun diatur oleh Gatekeeper yang berjalan dengan tidak memakan performa Mac.

Apple juga tidak akan membiarkan pengguna menjalankan beberapa program plugin yang kadaluarsa, seperti adobe flash player, oracle java dan lainnya. Itu dikarenakan keamanan yang dikhawatirkan akan dibobol jika menginstal versi lama.

Yang pasti yang akan selalu berguna dari semua itu adalah masalah enkripsi data. FileVault 2 melindungi data dari serangan hacker dan virus untuk mengaksesnya. Jadi tidak mudah diakses karena data yang ada di Mac selalu terenkripsi secara otomatis.

Keamanan terbaru yang datang dari Mojave, Apple membenamkan fitur password yang ampuh. Melihat banyak pengguna yang sudah online yang sering memasukan password dan terkadang lupa atau mudah untuk ditebak, Apple selalu memberikan saran password otomatis yang rumit disetiap password yang ada. Password yang direkomendasikan bisa dimasukan oleh pengguna hanya sekali klik, dan lebih aman karena diintegrasikan dengan proses enkripsi dan tambahan fingerprint sensor. Apple tidak membiarkan situs yang ada melacak password yang sudah dimasukan atas saran Apple tersebut, sehingga tidak usah khawatir. Hal ini sama dengan sistem iOS yang terbaru.

Untuk mengembangkan keamanan yang ada, selain dibentuk peneliti khusus masalah ini, Apple bekerjasama juga dengan pengguna. Apple selalu memberikan penghargaan bagi siapa saja yang menemukan celah keamanan di sistemnya sampai 200.000 USD, tergantung celah yang ditemukan.

Tapi keamanan yang ada pada Mac ini akan percuma jika teman-teman Fixme tidak mengupdate Mac. Sangat diperlukan untuk selalu meningkatkan keamanan yang ada. karena dibutuhkan juga kepedulian pengguna untuk mengklik updatem baik dari sistem operasi maupun aplikasi.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *