Kilogram Telah “Mati”

Sudah 129 tahun Kilogram (kg) dipakai sebagai standar untuk mengukur berat. Mulai dari berat badan, mengukur banyaknya resep untuk membuat kue dan masih banyak lagi. Baik di bangku sekolah sampai perguruan tinggi kg juga masih dipakai dan dipelajari.

Kilogram bermula dari platinum dan iridium yang dikunci disebuah berangkas dibawah tanah di Paris, Perancis. Logam itu disimpan di sebuah silinder dan disebut dengan Le Grand Katau International Prototype Kilogram (IPK). Sedikit saja tergores atau tabung itu sedikit kehilangan beratnnya maka nilai sebuah kilogram akan turun.

IPK ini banyak di replikasi dan didistribusikan ke penjuru dunia agar semuar orang dapat ikut mengkalibrasi dengan mudah. Tapi pada 16 November di Versailles pada acara  General Conference on Weight and Measures ke-26, para peneliti telah menetapkan bahwa sistem kilogram akan diubah.

Master IPK dan hasil replikasi yang telah didistribusikan ke seluruh dunia telah berubah dan bisa dikatakan buruk dan fluktuatif. Keakuratan pengukuran telah berubah di segala aspek, baik dari pengembangan obat-obatan, nanoteknologi dan keakuratan tehnik mesin.

Tapi dari konferensi tersebut adalah bukan meniadakan kilogram. Tapi mendefinisikan ulang kilogram menjadi suatu yang lain dengan sebuah sistem pengukuran yang baru. Sistem baru itu dibantu oleh sebuah instrument yang dikenal dengan nama kibble balance. Instrument seperti timbangan sederhana yang melibatkan gaya elektromagnetik.

Kibble Balance di Amerika Serikat

Prinsipnya sangat sederhana. Electromagnet memberi gaya untuk mengangkat sebuah logam yang tentunya dibantuk oleh aliran listrik yang ada. Maka secara tidak langsung ada hubungan antara listrik yang mengalir dengan berat dari benda yang diangkat. Para peneliti bisa menghitung listrik yang dibutuhkan untuk melawan atau mengangkat beban yang diangkatnya. Dan ada sesuatu yang berhubungan antara berat dengan arus listrik tersebut, yaitu ketetapan planck.

Apa keuntungan dari sistem baru ini ?

Dengan Kibble balance ini siapapun dapat mengukur berat dengan mudah, kapanpun dan dimanapun. Tapi bukan berarti di kehidupan sehari-hari seperti mengukur berat terigu, belanja di pasar akan berubah total dengan mempertimbangkan hal ini.

Tapi yang akan berubah dengan adanya sistem baru ini adalah seperti membuat suatu komponen mobil, mengembangkan suatu obat atau membuat instrument di lab. Perubahan ini akan dimulai pada 20 Mei 2019 mendatang. Jadi kilogram bukan lagi berdasarkan IPK yang berisi logam platinum dan iridium, tapi berdasarkan nomor yang dipertimbangkan berdasarkan ketetapan planck.

 



1 Comment

avatar

Wow, wonderful blog structure! How lengthy have you ever been running a blog for?
you made blogging look easy. The full glance of your site
is great, as smartly as the content! You can see similar here ecommerce

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *