Kenapa Sih Tonjolan Kamera Smartphone Gede Banget?

  • Home
  • Fix-Tory
  • Kenapa Sih Tonjolan Kamera Smartphone Gede Banget?

Entah itu Samsung Galaxy S21 Ultra baru, Apple seri iPhone 12 , atau Huawei Mate 40 Pro, benjolan bawaan kamera terasa lebih besar dari sebelumnya. Bahkan, ponsel dengan bawaan kamera terbesar biasanya mampu mengambil gambar lebih baik. Di sisi lain. Meskipun tren ini tampaknya memiliki efek positif pada kualitas fotografi, itu bukan trade-off yang paling menyenangkan secara estetika, dan itu membuat ponsel bulkier.

Ketika datang ke fotografi seluler high-end, tidak mungkin untuk melarikan diri dari benjolan kamera. Tapi mengapa? Untuk memahaminya, mari kita selami sedikit lebih dalam ke dalam cara kerja kamera smartphone.

Panjang Fokus, Lensa, and Faktor Pemotongan

LG G8X camera bump
Kredit: Robert Triggs / Android Authority

Sebelum masuk ke inti penjelasan benjolan kamera, kita perlu memahami beberapa atribut dan istilah penting dari semua desain kamera.

Kita akan mulai dengan lensa dan panjang fokus. Setiap lensa kamera, dari yang ada di DSLR hingga smartphone, memfokuskan cahaya yang masuk pada titik fokus, yang dikenal sebagai konvergensi. Titik fokus ini adalah tempat sensor gambar berada untuk menangkap gambar Anda secara digital. Panjang fokus menentukan jarak dari lensa ke titik fokus, diukur dalam milimeter. Namun, pada kenyataannya, lapisan lensa yang kompleks berarti bahwa panjang sebenarnya sering kurang dari yang terdaftar. Namun, efeknya sama.

Sederhananya, panjang fokus mendefinisikan bidang pandang kamera dan “pembesaran.” Panjang fokus yang lebih panjang mempersempit bidang pandang dan meningkatkan pembesaran. Ini menghasilkan efek zoom. Anda dapat membayangkannya dengan mempertimbangkan bagaimana mengubah panjang fokus mengubah sudut pandang saat cahaya direfrak melalui lensa kamera. Lihat gambar di bawah ini sebagai contoh.

Camera focal length explained
Kredit: Robert Triggs / Android Authority

Yang penting, panjang fokus mempengaruhi perspektif gambar juga. Ada pemisahan yang kurang terlihat dan perbedaan antara objek latar depan dan latar belakang pada pembesaran yang lebih lama. Lihat jarak yang jelas antara pohon pada gambar di atas. Ingat ini, karena kita akan kembali ke sana nanti. Nuansa ini menjadi penyebab banyaknya perdebatan tentang kemampuan zoom OnePlus di masa lalu.

Bagian lain yang sama pentingnya dari persamaan ini adalah “faktor pemotongan.” Sering bingung dengan sifat panjang fokus. Faktor pemotongan kamera tergantung pada ukuran sensor gambar. Bayangkan melihat melalui lensa kamera. Lensa menangkap gambar terlepas dari ukuran sensor. Oleh karena itu gambar akhir yang diambil melalui lensa dipotong tergantung pada ukuran sensor gambar.

Camera crop factor explained
Kredit: Robert Triggs / Android Authority

Perhatikan bahwa sensor gambar yang lebih kecil memiliki efek samping menghasilkan tanaman yang lebih ketat dan bidang pandang yang lebih sempit. Ini menciptakan tampilan yang lebih diperbesar untuk gambar bingkai-penuh, yang dikenal sebagai perkalian panjang fokus. Ini adalah salah satu alasan Anda akan menemukan sensor gambar kecil yang digunakan di dalam kamera telefoto smartphone. Namun, pemotongan tidak memiliki efek perspektif yang sama dengan panjang fokus full-frame asli pada pembesaran yang sama. Faktor pemotongan penting untuk dipahami, karena memainkan faktor dalam bidang pandang untuk zoom dan kamera sudut lebar yang ditemukan di smartphone.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *