Kenapa Ponsel “Mahal” Tetap Ada Goresan Di Layar?

  • Home
  • Fix-Tips
  • Kenapa Ponsel “Mahal” Tetap Ada Goresan Di Layar?
Setiap tahun ponsel semakin canggih. Apalagi seri flagshipyang selalu dirancang setiap vendor lebih tangguh. Baik itu dari segi software ataupun hardware. Tapi baik Samsung, iPhone, LG atau lainnya keluhan goresan di layar tetap lah ada.
Sebagian besar ponsel sudah dilindungi oleh Gorilla Glass yang dibuat oleh Corning. Corning telah mendesain kaca yang tangguh dengan melindungi lcd dari jatuh atau kerusakan lainnya. Tapi tetap aja masih ada goresan walaupun sudah seri Gorilla Glass 5. Masih ada yang mengeluh dan khawatir walaupun pengguna memakai ponsel mahal kelas Samsung Galaxy Note 9 atau iPhone XS. Dan tidak sedikit orang yang memakai anti gores atau Tempered Glass.Memang jika memakai pelindung dilayar tidak usah khawatir masalah goresan. Tapi kenyamanan dalam pemakaian ponsel akan berkurang. Ada yang menjadi kurang responsive atau juga menjadi tidak nyaman karena adanya penghalang.
Gorilla Glass lahir disaat Steve Jobs meminta kepada Corning untuk melindungi iPhone dari goresan dan retakan. Steve Jobs meminta seperti itu karena ponsel layar sentuh  dulu banyak dilindungi plastic agar mudah disentuh menggunakan pulpen. Tapi sangat tidak nyaman disentuh dengan jari. Dan Gorilla Glass lahir setelah 6 bulan permintaan tersebut.
Dan permintaan itupun berlanjut sampai saat ini Gorilla Glass seri 6 lahir. Corning terus mengembangkan teknologinya. Merendamnya di larutan kimia dan memberikannya “stress” untuk memberikan kekuatan agar kuat akan jatuhnya nanti. Terus memberikan “stress” atau tekanan dan akhirnya kaca menjadi lebih mudah tergores walaupun kuat.
Scott Forester selaku Vice President Corning menjelaskan, “goresan itu adalah masalah yang kompleks. Tapi kamu tidak akan melihat perbedaan signifikan jika layar ponsel tergores, tapi kamu akan melihat hal yang signifikan jika melihat bekas jatuhan di layar ponsel”. Walaupun goresan masih ada dari setiap gorilla glass, tapi itu terus berkurang seiringnya seri lebih baru dirilis.
Sebenarnya Corning telah menemukan teknologi layar yang hampir mendekati berlian yang tidak bisa digores sedikitpun. Teknologi itu bernama Gorilla Glass SR+ dan DX+. Teknologi ini sudah bisa ditemukan di Samsung Galaxy Watch terbaru. Gorilla Glass yang berfokus tahan kepada goresan. Tapi teknologi ini belum bisa diterapkan ke kondisi ukuran layar yang lebih luas. Dan sebenarnya setiap teknologi yang dimiliki Corning ada beberapa berbeda peruntukan. Ada yang terbaru Gorilla Glass yang tahan dari berbagai jenis bakteri yang baru ditemukan. Jadi kalaupun nanti ada Gorilla Glass seri ponsel yang Sudah maju goresan mungkin akan tetap ada, tapi akan berkurang dan tidak akan sekuat seri SR+ atau DX+. Dan jika nanti ada ponsel yang memakai pelindung Gorilla Glass SR+ atau DX+, pasti ketahanannya jika jatuh tidak akan sekuat seri biasa yang dibenamkan ke ponsel seperti seri 5 tau 6.
Untuk sekarang, Jika teman-teman Fixme memakai ponsel apapun dengan atau tanpa Gorilla Glass. Jika memang mengedepankan kenyamanan dalam pemakaian tidak perlu memasang pelindung layar. Walaupun ponsel yang dimiliki sudah memiliki Gorilla Glass 5 atau bahkan 6, goresan pasti tetap ada. Tapi jika khawatir akan goresan, bisa memasang pelindung. Yang Fixme sarankan jika layarnya sudah 2.5D tidak memakai anti gores yang full-screen sampai ujung. Karena biasanya jenis pelindung seperti itu hanya memiliki perekat dipinggir dan mengurangi sensitifitas dibagian layar tengah. Lebih baik pelindung layar biasa yang tidak menutupi sampai pinggiran.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *