Kenapa Notifikasi Xiaomi Selalu Telat? Ini Dia Solusi Dan Jawabannya

  • Home
  • Fix-Tips
  • Kenapa Notifikasi Xiaomi Selalu Telat? Ini Dia Solusi Dan Jawabannya

Xiaomi saat ini sudah mulai menggulirkan MIUI 12 ke berbagai perangkatnya. Tapi masalah yang timbul di MIUI 12 dan versi sebelumnya itu sama, yaitu notifikasi aplikasi sering telat. Hal ini dikarenakan ada sistem yang bertujuan untuk menghemat konsumsi baterai dan masih ada solusi untuk mengatasinya tanpa proses root.

Setiap xiaomi selalu mendapatkan notifikasi aplikasi telat. Notifikasi biasanya masuk saat kita membuka aplikasinya saja. Saat ponsel standby, notifikasi tidak langsung masuk. Hal ini dilakukan oleh Xiaomi untuk menghemat konsumsi baterai. Xiaomi selalu membatasi semua aplikasi yang berjalan melalui sistem app battery saver. Sistem ini selalu memantau dan “menidurkan” aplikasi jika tidak sedang dibuka.

Tapi kita masih bisa mematikan fungsi tersebut tanpa menimbulkan baterai boros. Cara ini dapat dilakukan di setiap versi MIUI. Inti caranya adalah :

  1. Masuk setting
  2. Masuk ke dalam pengaturan battery atau battery & performance

4. Masuk ke dalam app battery saver. Untuk MIUI 12 app battery saver langsung terlihat begitu membuka pengaturan battery. Tapi untuk MIUI sebelumnya akan muncul jika kita menekan tombol opsi/pengaturan yang ada di bagian pojok kanan atas.

5. Nanti akan muncul berbagai aplikasi yang sudah terinstall

6. Untuk menampilkan semua aplikasi, tekan opsi/pengaturan yang ada di pojok kanan atas, lalu show system apps.

7. Pilih aplikasi yang ingin notifikasinya tidak telat, seperti aplikasi chatting atau social media lainnya. Nanti aka nada 4 pilihan. Dan pilih pilihan paling atas yaitu no restrictions. Nanti notifikasi dijamin tidak akan telat.

8. Jika mengunduh play store selalu terhenti begitu ponsel tidur, aplikasi google play store harus diatur ke no restrictions

Khusus MIUI 9 kebawah, di Langkah nomor 5 saat menekan opsi/pengaturan disitu ada pilihan turn off battery saver. Pilih pilihan tersebut yang akan membuat kita tidak usah mengatur setiap aplikasi yang tidak ingin notifikasinya telat. Untuk MIUI 10 keatas harus mengatur setiap aplikasi secara manual.

Jika ada MIUI selanjutnya setelah 12 pasti pengaturannya sama. Intinya kita harus mengatur di bagian app battery saver. Tidak perlu mengunci aplikasi atau tidak perlu memaksakan ponsel selalu membuka WhatsApp jika ingin notifikasi cepat. Cukup melakukan pengaturan ini. Dan jika sudah melakukan pengaturan ini, jangan nyalakan mode hemat daya/battery saver. Karena notifikasi akan Kembali lambat.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *