Kenapa Antutu Hilang di Play Store?

Antutu menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak diunduh di Play Store. Aplikasi ini bisa mengukur performa ponsel dan tentunya menampilkan daftar ponsel terkencang performanya saat ini. Tapi tanpa pemberitahuan ternyata aplikasi ini hilang di Play Store. Hal ini ada kaitannya dengan “kejahatan” yang dilakukan oleh perusahaan pembuatnya.

Cheetah Mobile adalah pembuat dari aplikasi Antutu. Perusahaan ini membuat banyak aplikasi yang cukup popular selain antutu, mulai dari browser, antivirus, dan masih banyak lagi. Tapi memang beberapa aplikasi Cheetah sudah dihapus beberapa waktu lalu. Hal ini dikarenakan Cheetah mobile diam-diam memanfaatkan ponsel penggunanya untuk membuka iklan tanpa sepengetahuan. Jadi walau aplikasi cheetah tidak dibuka, tapi ponsel terus bekerja untuk membuka iklan di balik layar.

Hal kejahatan ini ternyata ditanamkan pada aplikasi Antutu juga. Jadi aplikasi Antutu dihapus karena kejahatan ini. Memang tidak sembarangan membuka iklan atau suatu link internet. Tapi juga data pengguna disalahgunakan. Sampai saat ini di play store tidak ada aplikasi dari Cheetah mobile sedikitpun.

Jadi bagaimana jika ingin mengetahui performa suatu ponsel bagus atau tidak? Yaitu dengan mengidentifikasi setiap spesifikasi ponsel yang akan dibeli. Mengetahui jenis prosesornya, lalu mencari tahu bagaimana kelebihan dan kekurangan prosesor yang ada. Dilakukan pencarian setiap hal penting lainnya seperti jenis RAM, versi Android, jenis penyimpanan dan lainnya. Dengan mengetahui setiap hal yang ada di ponsel akan lebih akurat dalam menilai ponsel. Karena memang aplikasi Antutu tidak bisa dijadikan patokan dan tidak bisa dijadikan acuan utama. Jika masih bingung bisa melihat setiap review yang ada di internet untuk mengetahui bagaimana user experience dari suatu ponsel.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *