Jangan Mengukur Daya “Pengecasan” HP Menggunakan Aplikasi

  • Home
  • Fix-Tips
  • Jangan Mengukur Daya “Pengecasan” HP Menggunakan Aplikasi

Saat ini kecepatan pengisian daya di industri ponsel sangat beragam. Untuk mengukur kecepatan pengisian tersebut juga banyak cara. Salah satu cara yang masih banyak dilakukan adalah menggunakan suatu aplikasi, dan salah satunya adalah Accu Battery. Aplikasi ini dapat melihat rincian baterai dan pengisian daya yang masuk berapa. Namun sebenarnya menggunakan aplikasi seperti ini tidak akurat untuk mengukur daya yang masuk.

Pengukuran daya yang masuk dilakukan agar mengetahui Kesehatan atau keakuratan suatu charger dan kabel data. Karena memang untuk mengetahui pasti sebuah charger atau ponsel “sehat” saat melakukan pengisian, adalah mengukur daya yang masuk.

Aplikasi untuk melihat Kesehatan atau rincian suatu baterai di ponsel Android atau iOS cukup banyak. Namun aplikasi ini tidak dapat mengukur daya yang masuk saat pengisian dilakukan.

Untuk mengukur daya yang masuk kita harus menggunakan bantuan alat, yaitu Watt Meter. Banyak jenis dan fungsi tambahan yang bisa kita beli di toko online. Alat ini dapat mengukur arus yang masuk sangat akurat.

Yang harus diperhatikan juga adalah jika ponsel kita mendukung pengisian 67W, bukan berarti ponsel akan terus menerus mendapatkan daya sebesar itu. Daya yang nanti terukur oleh alat Watt Meter akan naik-turun menyesuaikan kapasitas yang sudah terisi dan suhu yang ada. Hal ini dilakukan untuk menjaga Kesehatan baterai dan ponsel. Yang pasti 67W tersebut adalah daya tertinggi yang bisa masuk ke ponsel tersebut.



5 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *