iPhone Xr : Era Baru Seri iPhone

Sudah 10 tahun Apple mempertahankan ciri khas iPhone nya dengan menyematkan 1 tombol fisik dibagian depan yang disebut tombol home. Tombol home ini memiliki banyak fungsi, walaupun dari generasi ke generasi kadang selalu bermasalah, pada seri iPhone 7 tombol home itu disempurnakan yang fungsinya layaknya trackpad pada macbook yang disebut dengan teknologi haptic feedback.

Tombol home dengan haptic feedback itu tapi hanya bertahan 2 genarasi. Pada akhirnya Apple memutuskan untuk menghilangkan tombol fisik itu setelah ulang tahunnya ke-10. Apple mengganti iPhone defaultnya dengan iPhone Xr. iPhone yang memiliki desain depan seperti iPhone X, namun tampak belakang seperti iPhone 8 yang hanya memiliki satu kamera.

iPhone paling “murah” ini masih mengusung teknologi lcd display pada layarnya. Belum mengusung resolusi Full HD. Layar 6.1 inci ini disebut teknologi liquid retina display. Masih memiliki fitur true tone yang warnanya bisa menyesuaikan kondisi, layar retina ini juga memiliki fitur baru yaitu tap to wake. Walau memang sangat terlambat karena ponsel android lainnya sudah lama mengusung fitur ini. Sayangnya fitur 3D touch pada iPhone 8 dihilangkan.

Walau dihilangkan karena alasan agar lebih murah, tapi dibagian notchnya memiliki teknologi sama dengan iPhone Xs. Keamanan FaceID nya sama dengan iPhone Xs dan lebih cepat dibandingkan iPhone X. semuanya berkat teknologi infrared, dot projector yang memiliki 30.000 titik dan true depth camera.

Kamera depannya masih memiliki resolusi 7 MP dan belakangnya juga sama 12 MP seperti iPhone 8. Tapi apple menklaim gambar yang dihasilkan lebih tajam dan akurat walaupun dikondisi kurang cahaya. iPhone Xr juga mengadopsi fitur seperti ponsel pixel yang bisa menghasilkan gambar bokeh walaupun hanya memiliki kamera tunggal.

RAM-nya di upgrade menjadi 3GB dengan pilihan penyimpanan 64/128/256GB. Yang pastinya memakai chip apple terbaru yaitu Bionic A12. Dengan generasi baru neural engine, iPhone ini menjanjikan performa lebih cepat dibanding sebelumnya. Yang menghasilkan performa gaming, foto, AR , dan lainnya lebih cepat dan effisien. A12 15% lebih cepat dibandingkan sebelumnya. Tapi 50% lebih irit untuk masalah konsumsi daya. Sedangkan performa grafiknya 50% lebih cepat dibanding sebelumnya.

Masalah ketahanan masih mengusung IP67 seperti sebelumnya. Tetap menggunakan kaca yang lebih kuat bagian depan dan belakang dan frame aluminum aerospace-grade. Tersedia dengan warna yang lebih beragam dibandingkan seri Xs, yaitu Black, Red, Yellow, Blue, Coral. iPhone ini sudah bisa dipesan secara pre-order tanggal 14 September dengan harga mulai dari $ 749. Tapi sayangnya itu belum termasuk Indonesia. Seperti biasa untuk negara tercinta ini harus menunggu beberapa bulan dibandingkan negara lainnya.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *