iPhone 13 Resmi ! Bawa Hal Baru Dengan Harga Mulai Rp 9,9 Jutaan

  • Home
  • Fix-Info
  • iPhone 13 Resmi ! Bawa Hal Baru Dengan Harga Mulai Rp 9,9 Jutaan

Akhirnya Apple resmi meluncurkan iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max. Di seri kali ini Apple menghilangkan penyimpanan 64GB dan memulainya dengan 128GB. Mulai dari Apple Bionic A15 sampai teknologi kamera terbaru siap dinikmati di iPhone seri kali ini.

iPhone 13 Dan iPhone 13 Mini

iPhone 13 dan iPhone 13 mini adalah seri iPhone yang compact dengan desain yang cukup identic. Hanya saja ada perbedaan, terutama di sektor layar. iPhone 13 memiliki dimensi layar 6,1 inci dan iPhone 13 mini memiliki dimensi 5,4 inci. Tapi keduanya sudah dilindungi oleh Ceramic Shield dibagian layarnya, dan Apple mengklaim lebih kuat dibandingkan pelindung jenis lainnya.

Kedua layarnya sudah berbekal Super Retina XDR Display OLED. iPhone 13 Mini memiliki resolusi 2340×1080 dan iPhone 13 memiliki resolusi 2532×1170. Tentunya sudah mendukung HDR, True Tone, Haptic touch, dan kecerahan 800 nits. Apple menjanjikan kualitas layar yang cerah, berwarna, dan sangat tajam.

Masalah desain tidak ada perbedaan jauh dibanding iPhone 12. Hanya saja kini kamera menjadi diagonal. Dan memiliki notch yang sedikit lebih kecil. Sisanya masih sama seperti frame yang datar dan bagian belakang dilindungi oleh kaca. iPhone 13 mini memiliki berat 141 gr dan iPhone 13 memiliki berat 174 gr.

Kamera belakang iPhone 13 dan 13 Mini memiliki lensa utama wide 12MP dan ultrawide 12MP. Dengan kamera terbaru ini, Apple mengklaim kamera utama menangkap cahaya 47% lebih banyak dan memiliki kestabilan OIS lebih baik dibanding generasi sebelumnya. Kameranya ini memiliki fitur cinematic mode untuk mengambil video lebih “pro” dengan dukungan berbagai fitur. Mode ini sudah didukung Dolby Vision HDR. Sedangkan kamera depan memiliki resolusi 12MP yang ditemani oleh FaceID untuk membantu portrait mode dan Depth Control.

 

iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max

Duo seri ini adalah yang paling “Pro” dari Apple. Desain tidak beda jauh, hanya saja pada iPhone 13 Pro memiliki dimensi layar 6,1 inci dan iPhone 13 Pro Max 6,7 inci. Keduanya sudah memiliki panel Super Retina XDR Display yang ditambah ProMotion. Teknologi ini membawa refresh rate 120Hz yang sudah ada di iPad Pro.

Tentunya layarnya sudah mendukung HDR, True Tone, Wide Color, Haptic Touch, dan kecerahan tinggi sampai 1.200 nits. Tidak lupa sudah turut dilindungi oleh Ceramic Shield agar lebih tahan goresan dan benturan.

Untuk membedakan dengan iPhone 13, disini Apple memakai frame stainless steel dengan grade Surgical. Artinya bahan yang dipake sangat aman dan memiliki kualitas tinggi seperti alat bedah yang ada di rumah sakit. iPhone 13 Pro memiliki berat 204 gr dan iPhone 13 Pro Max memiliki berat 240 gr.

Semua lensa yang dimiliki memiliki resolusi 12MP dengan konfigurasi Wide, Ultrawide, dan Telephoto 3x optical zoom. Tentunya juga sudah ditemani oleh LiDAR Scanner untuk membantu augmentasi berbagai aplikasi dan pengambilan gambar lebih baik.

Teknologi baru di kamera seri ini adalah bisa mengambil gambar macro sampai sedekat 2cm, baik foto ataupun video. Apple juga menjanjikan pengambilan gambar yang lebih cerah 2,2X dibandingkan seri sebelumnya. Tidak lupa ultrawide lebih cerah 92%.

Hasil perekaman video sudah mendukung Dolby Vison dengan fokus, kontras, dan warna yang lebih akurat. Disini iPhone 13 Pro sudah mendukung perekaman ProRes yang memiliki kualitas tinggi. Tapi kabarnya sayang format video ini hanya mendukung resolusi 1080p.

Untuk kamera selfie Apple memberikan kualitas yang baik karena memiliki fitur baru. Dengan TrueDepht yang ada, iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max sudah memiliki cinematic Mode, Smart HDR 4, Deep Fusion, dan masih banyak lagi agar foto selfie lebih professional.

Yang menarik disini akan tersedia penyimpanan sampai 1TB. Sedangkan iPhone 13 dan iPhone 13 mini paling tinggi akan diberikan penyimpanan internal sampai 512GB.

Apple Bionic A15

Semua spesifikasi yang ada ditenagai oleh Apple Bionic A15 terbaru. Dengan CPU 6 core dan 16 core neural engine terbaru. Jika seri iPhone 13 dan 13 mini memiliki 4 core GPU sedangkan seri Pro memiliki 5 Core GPU.

Chipset terbaru yang dibekali dengan modem 5G ini menjanjikan pengalaman yang jauh lebih baik dibanding genarasi sebelumnya. Dan konsumsi daya juga akan lebih irit daya.

Tentunya semua teknologi dan fitur yang ada sudah dilindungi oleh rating ketahanan air dan debu IP68.

Harga

iPhone 13 Mini dijual mulai dari Rp 9,9 juta saja. Sedangkan iPhone 13 dijual mulai dari Rp 11,3 juta. Sedangkan iPhone 13 Pro dijual mulai dari Rp 14,2 juta. Dan iPhone 13 Pro Max dijual mulai dari Rp 15,6 juta. Semua varian dimulai dengan penyimpanan paling rendah 128GB. Hal yang bijak mengingat sekarang 64GB sangat terbatas.

Sayangnya belum ada kabar kapan akan masuk ke Indonesia. Sampai saat ini belum ada sertifikasi TKDN tentang perangkat terbaru dari Apple ini.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *