Ini Dia Duo Smartphone Xiaomi Dengan RAM 10GB

XIAOMI MI MIX 3

Akhirnya Xiaomi mengeluarkan Smartphone gaharnya. Yang membuat heboh adalah  mengenai RAM yang ditanamkan mencapai 10GB ! lebih dari laptop biasanya. macbook pro 2017 yang masih diharga 18 juta dengan model paling dasarpun hanya 8GB.

Donovan Sung, Director Product Management Xiaomi Global lewat akun Twitternya juga mengungkapkan “5G speeds, 10 GB RAM, 8 hari lagi. Smartphone yang di maksud yaitu Mi Mix 3 yang akan memiliki varian dengan kapasitas RAM 10 GB dan dukungan jaringan 5G. Terdapat dalam poster pun jelas terdapat tulisan “Discover the Unknown with 10 GB RAM”.

Yang cukup menarik, kamera Mi Mix 3 juga disembunyikan di tengah-tengah body smartphone yang terpisah menjadi dua bagian, yakni bagian layar dan bagian punggung (tanpa notch) . Mekanisme ini serupa dengan milik Oppo Find X. Bedanya, Oppo Find X dapat bergeser secara otomatis tetapi Mi Mix 3 harus digeser manual dengan jari, mirip cara kerja ponsel slider dulu. Dan xiaomi menklaim merekalah yang pertama menemukan sistem slide ini, hanya dalam pengembangannya lebih lama dibandingkan dengan Oppo Find X.

Kamera depannya memiliki dua kamera yang masing-masing beresolusi 24MP dengan sensor sony IMX 576 dan 2MP untuk sistem bokeh. Sementara kamera belakangnya memiliki resolusi masing-masing 12MP+12MP dengan sensor sony IMX 363. Bisa dilihat xiaomi lebih mengedepankan kamera selfie dibanding kamera belakangnya untuk menyaingi Oppo. Selain Spesifikasi pilihan RAM 6, 8 dan 10GB. Penyimpanannya tersedia dari 128 sampai 256GB yang tidak bisa ditambah dengan slot microSD.

Tak mau kalah dengan Mi Mix, Black Shark Helo tampil lebih garang. Smartphone gaming Xiaomi ini sama memiliki kapasitas RAM yang mencapai 10 GB, menjadi unggulan dan tentu saja dengan banderol harga yang kompetitif. Selain besaran RAM, perbedaan juga ditemukan pada bagian layar.

BLACK SHARK HELO

Black Shark Helo kini mengadopsi layar dengan panel AMOLED berbentang 6,01 inci dihiasi “notch” yang menjorok di layar atas. Resolusi gambarnya Full HD Plus 1080 x 2160 piksel. Sayangnya, Xioami masih mempertahankan refresh rate atau frekuensi tampilan layar per detik sebesar 60Hz, sama seperti pendahulunya. Masih jauh Dibanding Razer Phone 2.

Di sektor hardware, tertanam chipset Snapdragon 845 dengan opsi RAM 6 dan 8 GB dengan ROM 128 GB, serta RAM 10 GB dan ROM 256 GB. Baterainya berkapasitas 4.000 mAh yang didukung fitur Quick Charge 3.0.

Dan bisa ditebak kedua Smartphone gahar ini tidak akan masuk secara resmi ke Indonesia. Banyak yang bingung mengenai spesifikasi RAM yang mencapai 10GB. Entah itu hanya gimmick atau memang kebutuhan. Yang pasti para developer aplikasi dan game harus bekerja keras juga supaya RAM android yang berjumlah besar tidak terbuang begitu saja.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *