Ini Dia Bahaya Mendengarkan Suara Memakai Earphone

  • Home
  • Fix-Info
  • Ini Dia Bahaya Mendengarkan Suara Memakai Earphone

Earphone dan sejenisnya menjadi aksesori yang dibutuhkan oleh setiap orang. Baik untuk mendengarkan musik sampai belajar. Tapi tahukah kalian ada bahaya dibalik earphone ini. Dikutip dari seorang spesialis IT, melalui Times of India, penggunaan earphone secara berlebihan dapat mengakitbatkan infeksi pada telinga.

Para spesialis dokter THT melihat meningkatnya pasien yang mengalami infeksi telinga yang diakibatkan dari bakteri dan jamur. Dikutip dari times of India, “ di musim hujan sangatlah tinggi untuk orang mengidap infeksi telinga dari bakteri atau jamur. Tapi hal ini akan meningkat jika mereka menggunakan earphone atau airpods secara berlebihan,” ungkap Vikas Agarwal seorang spesialis THT dari Kandivli. Dr. Divya Prabhat mengungkapkan pasien akan lebih terancam terinfeksi empat kali lipat karena hal ini.

Infeksi ini cukup berbahaya. Karena dapat menggaggu keseharian, sulit tidur, atau bahkan daya dengar kita akan berkurang sampai 30%. Butuh 40 hari untuk pulih dari keadaan ini.

Jika ingin memakai earphone atau sejenisnya, dianjurkan tidak menggunakan lebih dari satu jam secara berkelanjutan. Usahakan ada jeda setelah satu jam memakai earphone. Jika ada pekerjaan yang mengharuskan memakai cukup lama, dianjurkan memakai speaker atau headphone saja. karena lebih aman untuk telinga kita.

Tentunya baik earphone atau headphone, permukaannya harus bersih sebelum kita pakai. Baik sebelum ataupun sesudah. Jadi kita juga harus menyimpannya di tempat yang cukup bersih.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *