Ingin Memulihkan Data di Android? Perhatikan Hal Ini Dulu

  • Home
  • Fix-Tips
  • Ingin Memulihkan Data di Android? Perhatikan Hal Ini Dulu

Data yang hilang di ponsel Android memang sering terjadi. Tidak sedikit yang lupa mencadangkan datanya melalui microSD, flashdisk, penyimpanan online, dan lainnya. Banyak metode untuk memulihkan data di Android. Dari kebanyakan metode pemulihan harus melalui proses root terlebih dahulu. Apakah melalui proses root adalah cara yang benar untuk melakukan pemulihan data?

Sebelum melakukan pemulihan data, alangkah bijak mengecek terlebih dahulu data yang terhapus di tempat lain. Biasanya ada yang tidak sadar mencadangkan secara online di suatu aplikasi Google atau aplikasi lainnya. Atau ada beberapa ponsel yang di aplikasi file manager atau galerinya memiliki fitur recycle bin. Artinya data yang terhapus masih tersimpan di recycle bin tersebut.

Jika memang tidak ditemukan, cara ampuh yang paling mudah adalah menggunakan aplikasi DiskDigger. Aplikasi ini mampu memulihkan data yang sudah hilang di ponsel Android. Aplikasi ini bisa mudah di download lewat play store atau mencari APK di situs penyedia aplikasi lainnya. Jika ingin maksimal ada varian Pro yang juga mudah diunduhnya. Tapi tentunya aplikasi ini memerlukan akses root.

Untuk menggunakan aplikasi DiskDigger juga sangat mudah, asal sudah mendapatkan akses root, aplikasi langsung akan scan berbagai data yang sudah terhapus di berbagai lokasi. Aplikasi ini juga dapat mendeteksi apakah data yang ingin dipulihkan masih dalam kondisi bagus atau tidak. Aplikasi ini juga tersedia untuk memulihkan data di PC baik Windows, Mac, atau Linux.

Yang harus diketahui adalah tidak semua ponsel bisa diroot. Di setiap merek ada model yang bisa diroot dan ada yang tidak, harus mengetahuinya di berbagai forum. Tapi untuk yang bisa diroot juga harus berhati-hati karena ponsel yang memiliki sistem operasi Android 8 oreo keatas biasanya akan terjadi reset pabrik otomatis saat proses root. Sehingga file yang sebelumnya ingin dipulihkan bisa tertimbun dengan data yang baru hilang karena proses reset pabrik saat root.

Jadi untuk memulihkan data di ponsel memang kemungkinannya sangat kecil dibanding di sebuah PC. Apapun cara yang dilakukan harus melewati proses root dan mengerti bahwa ada resiko, juga kemungkinan memulihkan data sangat kecil. Kecuali ponsel android dengan sistem operasi nougat kebawah yang memang bisa diroot, kemungkinannya lebih besar.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *