HarmonyOS Resmi Akan Menggantikan Android

Huawei mempunyai senjata baru untuk bertahan di pasar smart device. Setelah digantung oleh Amerika Serikat, Huawei baru saja mengumumkan sistem operasi barunya secara resmi, yaitu HarmonyOS. Sistem operasi ini menggunakan microkernel yang lebih dinamis dan lebih bisa dikustomisasi dibanding Linux. HarmonyOS ini akan saling berintegrasi antara wearable, IoT, Laptop, dan tentunya ponsel.

Banyak yang menyangka Huawei masuk dalam blacklist Amerika adalah perang dagang dan masalah politik. Tapi apapun alasannya, Huawei saat ini tetap masih digantung oleh Amerika. Saat ini sewaktu-waktu memang lisensi Android bisa dicabut tanpa pemberitahuan. Maka dari itu Huawei tetap terus berusaha untuk menyediakan cadangan backup.

HarmonyOS berbasis open source, sama seperti Android. Tapi saat ini masih dipasarkan untuk pasar Cina. Huawei sampai saat ini belum menunjukan penampilan HarmonyOS ini. tapi CEO Richard Yu mengatakan ini akan lebih bertenaga dibandingkan Android.

Huawei mengatakan microkernel yang dimiliki sistem operasi ini adalah seperseribu dari kode kernel Linux. Kernel ini bisa menyatukan beberapa perangkat yang berbeda. Jadi setiap pembuat perangkat yang akan menggunakan sistem operasi ini tidak perlu memodifikasi perangkat yang akan dibuatnya. Ini seperti FuchsiaOS yang akan mengganti Android suatu saat. HarmonyOS tentunya akan mendukung aplikasi Android. Jadi jika ingin membuat aplikasi untuk HarmonyOS, tidak perlu memodifikasi terlalu jauh dari Android.

Perangkat pertama yang akan ditenagai oleh sistem operasi ini adalah TV. Perangkat ini akan hadir di tahun ini atau awal tahun depan. Saat ini Huawei akan tetap memakai Android untuk memanjakan para pelanggannya. Perangkat yang sewaktu-waktu tidak mendukung Android, dikatakan Yu akan bisa beralih ke HarmonyOS.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *