Fitur di Apple Watch Cuma Gimmick ?

Apple watch dari tahun ke tahun semakin mahal. Tapi itu bukan tanpa alasan. Selain memang desain dan kualitasnya ditingkatkan, Apple juga menyematkan fitur untuk keselamatan didalam jamnya. Salah satunya adalah fitur kesehatannya. Yang selalu mengontrola kesehatan jantung dan lainnya. Yang bisa terkoneksikan ke nomor darurat jikalau pengguna tiba-tiba kritis atau mengalami serangan jantung.

Mungkin diantara teman-teman Fixme ada yang menggaggap fitur itu hanya gimmick belaka. Tapi tidak untuk Jason Perlow. Dia membeli smartwatch apple Januari lalu. Dia membeli sebuah Apple Watch Nike+ series 2 dari outlet Apple. Dia hanya membeli karena teman-temannya juga memakai dan penasaran dengan fitur yang ada didalamnya.

Setelah membeli dia mengatur dan mendaftarkan Apple heart study, yang merupakan sumber data besar mengenai kesehatan dan universitas Stanford berpartisipasi didalamnya. Dia memasangnya dan sampai lupa ada fitur itu didalam gawainya.

Tapi ternyata beberapa hari kemudian ada notifikasi bahwa ada yang “aneh” di jantungnya. Apple watch menyarankan untuk menelepon dokter. Singkat cerita dia langsung menelepon dokter dan saat dites dia mengidap Atrial Fibrilasi. Itu adalah kondisi dimana jantung berdetak tidak karuan. Kondisi ini dapat meningkatkan potensi stroke.

Ada juga pria bernama Gustavo Rodriguez (34) yang saat memasak didapur tiba-tiba dia terjatuh karena sakit punggungnya yang kambuh. Sedangkan kompor masih menyala. Tapi Apple Watch yang dipakainya langsung mendeteksi pengguna bahwa dia jatuh dan langsung menyarankan menelepon nomor darurat. Walaupun akhirnya dia menelepon tetangganya lewat apple watch itu. Kebakaran tidak jadi terjadi dan punggungnya pun selamat.

Jadi semahal apapun gawai yang kita beli itu pasti ada manfaatnya. Tapi itu tidak akan jadi manfaat jika teman-teman Fixme memaksakan membeli gawai yang sebenarnya fiturnya tidak diperlukan.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *