Exynos 2200 Memiliki GPU Setara Dengan Konsol. Tapi . . .

  • Home
  • Fix-Info
  • Exynos 2200 Memiliki GPU Setara Dengan Konsol. Tapi . . .

MediaTek dan Qualcomm tengah bersaing dengan Dimensity 9000 dan Snapdragon 8 Gen 1. Tentunya Samsung tidak mau kalah dengan Exynos 2200 yang merupakan hasil Kerjasama dengan AMD. Di dalamnya dibekali dengan custom GPU yang sama dengan kelas konsol. Tapi tentunya chipset ini memiliki Batasan.

Exynos 2200 akan hadir dengan hal yang menarik. Karena chipset ini adalah hasil Kerjasama dengan AMD, lebih tepatnya untuk sektor GPU. Disini hadir rDNA 2 GPU yang mendapatkan dukungan RX GPU 6000-series AMD yang dipadukan dengan chip custom yang sama pada seri Xbox dan playstation.

Tapi tentunya karena berbeda platform, performanya tidak akan sama dengan konsol tersebut. Samsung memang mengatakan chipset ini akan berfokus ke gaming. Tapi setelah bocoran diungkap, CPUnya hanya meningkat 5% dibanding Exynos 2100 dan GPU meningkat 17%. Jadi tidak ada peningkatan signifikan secara angka. Hal ini berbeda dengan Exynos 2100 yang mendapatkan peningkatan sampai 30% dibanding  Exynos 990. Dan tentunya hal ini masih perlu dibuktikan melalui pemakaian real-life sesungguhnya yang kemungkinan besar akan berbeda.

Exynos 2200 ini memiliki 1 x ARM Cortex-X2 CPU core, 3 x ARM Cortex-A710 CPU cores, dan 4 x ARM Cortex-A510 CPU cores. Chipset ini juga mendukung Wi-Fi 6E, dual frekuensi GPS, Bluetooth 5.2, mendukung sampai 200MP kamera, dan mampu merekam sampai 8K 30fps.

Chipset ini akan digunakan pertama kali di seri Samsung Galaxy S22. Namun akan diperkenalkan lebih dulu untuk chipsetnya di awal tahun ini.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *