Dvorak Keyboard Yang Lebih Cepat dibanding Qwerty Keyboard

  • Home
  • Fix-Tips
  • Dvorak Keyboard Yang Lebih Cepat dibanding Qwerty Keyboard

Dvorak Keyboard adalah layout keyboard yang dipatenkan tahun 1936 oleh Dr. August Dvorak dan saudara iparnya, Dr. William Dealey. Para pengguna dvorak mengklaim tata letak tersebut membutuhkan lebih sedikit gerakan jari dan mengurangi kesalahan dibandingkan dengan pengaturan keyboard QWERTY. Diklaim bahwa pengurangan jarak jari antar tombol yang ditempuh memungkinkan pengetikan lebih cepat dan juga mengurangi cedera otot tegang, ya meskipun klaim itu kontroversial.

Gambar original layout dvorak yang dipatenkan

Meskipun Dvorak Simplified Keyboard (DSK) gagal mengganti QWERTY standar, sebagian besar sistem operasi modern windows sampai Mac memungkinkan pengguna untuk beralih ke keyboard dvorak. Diperangkat mobile pun keyboard yang mendukung layout ini bisa dipasang dengan di setting terlebih dahulu atau menggunakan aplikasi pihak ketiga.

gambar layout modern dvorak

Dvorak mempelajari frekuensi pengetikan kata dan fisiologi tangan dan menciptakan pola baru untuk meringankan masalah yang ada saat pengetikan, berdasarkan prinsip-prinsip berikut:

huruf-huruf harus diketik dengan bergantian antara tangan (yang membuat mengetik lebih berirama, meningkatkan kecepatan, mengurangi kesalahan, dan mengurangi kelelahan). Pada keyboard Dvorak, vokal semua berada di baris kiri bersama karakter simbol yang paling sering digunakan, sedangkan konsonan yang paling banyak digunakan berada di sebelah kanan.

– Untuk kecepatan dan efisiensi maksimum, huruf dan bigrams yang paling umum harus diketik pada baris beranda tempat jari beristirahat, dan di bawah jari terkuat.
– Huruf-huruf yang paling umum harus berada di baris paling bawah yang merupakan baris paling sulit untuk dijangkau.
Tangan kanan harus melakukan lebih banyak pengetikan karena kebanyakan orang tidak kidal.

Mungkin teman-teman Fixme bisa mencoba dvorak keyboard ini jika merasa bosan dengan qwerty keyboard. Dan bisa juga jadikan alternatif untuk menghilangkan kebiasaan mengetik password “qwerty”.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *