Diantara Chrome, Firefox, Dan Edge Mana Yang Boros RAM ?

  • Home
  • Fix-Tips
  • Diantara Chrome, Firefox, Dan Edge Mana Yang Boros RAM ?

Google Chrome semakin banyak digunakan seiring ponsel Android begitu berjamur di pasaran. Di sektor PC juga banyak digunakan karena sinkronisasi ponsel data browsing lebih mudah. Tapi saat ini ada dua penantang kuat, yaitu Mozilla Firefox dan Microsoft Edge. Dua browser ini berkembang pesat karena mampu memberikan pengalaman browsing yang cepat. Tapi browser manakah yang paling sedikit memakan konsumsi RAM?

Dikutip dari Avast.com, Google Chrome dapat dipakan salah satu browser tercepat di PC dengan skor 105,17. Sedangkan Mozilla Firefox hanya mendapatkan skor 92,4. Kedua browser ini masih kalah cepat dibanding Safari di MacOS dengan skor 133. Untungnya ada Microsoft Edge yang ternyata mendapatkan skor 125,63.

Tapi Tomsguide mencoba menguji browser mana yang sebenarnya paling ringan. Karena tidak sedikit aplikasi yang memiliki performa baik, tapi ternyata banyak memakan RAM. Mereka menguji ketiga browser, yaitu Chrome, Firefox, dan Edge dengan masing-masing membukan 10 tab, 20 tab, 60 tab, dan terakhir membuka dua windows dengan masing-masing 20 tab. Tentunya masing-masing browser membuka halaman yang sama seperti eBay, Best Buy, NYT, Disney Plus, Google Stadia, dan masih banyak lagi.

Hasilnya ternyata Mozila FireFox dan Google Chrome yang paling berat. Di 10 tab Microsoft Edge hanya memakan 873MB, sedangkan yang lain lebih besar. Begitu juga pengujian lainnya, Microsoft Edge hanya memakan sedikit RAM dibanding yang lainnya.

Secara keseluruhan memang Microsoft Edge adalah browser yang terbaik menurut Fixme. Tapi dalam beberapa situs tertentu, Edge terkadang tidak bisa membukanya dengan hanya menampilkan beberapa gambar, sedangkan Chrome dan Firefox tidak. Tapi tentunya Edge tidak banyak mengalami hambatan seperti itu.

Ada aspek lainnya yang penting untuk memilih browser terbaik, yaitu keamanan. Belum ada test terbaru yang mengungkapkan browser mana yang paling aman digunakan. Tapi ketiga browser ini dapat dikatakan cukup aman mengingat ketiga browser ini dibuat oleh perusahaan yang cukup besar.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *