Cina Membuat Jaringan 6G Yang 8.000 Kali Lebih Cepat Dibanding 5G

  • Home
  • Fix-Tory
  • Cina Membuat Jaringan 6G Yang 8.000 Kali Lebih Cepat Dibanding 5G

Belum banyak yang bisa menikmati jaringan 5G di seluruh dunia. Perangkat yang mendukungnya juga belum sebanyak jaringan 4G. Tapi kini Cina sedang mempersiapkan jaringan 6G yang kabarnya akan lebih cepat 8.000 kali dibanding 5G.

Beberapa bulan lalu mulai dari Korea sampai Cina sudah meluncurkan jaringan 5G yang sangat cepat. Tentunya hal ini bukan untuk menikmati internet lewat ponsel semata. Tapi jaringan cepat ini bertujuan untuk kebutuhan medis, mobil tanpa supir, cloud data, dan masih banyak lagi. Dan Cina tidak puas hanya disitu saja. Kini mereka sedang mempersiapkan jaringan 6G.

Dikutip dari South China Morning Post, jaringan 6G akan mencapai 1 terabyte per detik. Atau hal ini setara dengan 8.000 Gbps. Kecepatan ini 8.000 lebih cepat dibanding jaringan 5G. Tentunya menurut rencana hal ini membutuhkan waktu sampai 1 dekade.

Kecepatan ini baru teori belaka tentunya. Tapi dengan kecepatan itu bisa melakukan hal lebih jika terwujud. Dikutip dari CNBC, Mahyar Shirvanimoghaddam, seorang professor dari University of Sydney mengungkapkan bahwa jika jaringan 6G terwujud dengan kecepatan yang super tinggi. Manusia bisa mengakses perangkat melalui otak.

Saat ini Cina sudah membuat blue print jaringan 6G. sudah dibentuk dua kelompok untuk membangun jaringan 6G ini di Cina. Tim satu yang bertanggung jawab untuk mempromosikan tentang penelitian jaringa 6G, dan tim lainnya yang terdiri dari 37 universitasw, Lembaga penelitian dan perusahaan akan memaparkan sisi teknis dari 6G dan menawarkan saran.

Memang 6G masih bisa dikatakan sangat jauh. Tapi Gerakan Cina di bidang teknologi memang agresif dan terbukti berhasil. Maka dari itu ada yang mengatakan Amerika khawatir dan takut akan kekuatan Cina ini. Hal ini juga mengakibatkan Donald Trump melarang beberapa raksasa besar teknologi Cina melibatkan teknologinya dengan pasar Amerika, salah satunya Huawei.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *