Ini Cara Mengurangi Terjadi Burn-in di Layar AMOLED

  • Home
  • Fix-Tips
  • Ini Cara Mengurangi Terjadi Burn-in di Layar AMOLED

Ponsel dengan layar AMOLED semakin banyak di pasaran. Selain itu harganya juga sudah mulai terjangkau, mulai dari Rp 2 jutaan kita bisa menikmati layar dengan warna dan kontras yang tinggi dibanding LCD lainnya. Tapi yang harus kita ketahui adalah layar dengan panel AMOLED ini dibayang-bayangin oleh masalah burn-in. Dan ada yang bisa kita lakukan untuk mencegah hal ini, mulai dari masalah menampilkan gambar yang persistent sampai kecerahan yang tinggi.

Burn-in adalah bayangan di layar AMOLED yang timbul karena ada beberapa pixel yang sudah mati atau tua umurnya. Biasanya burn-in ini timbul pada ponsel dengan layar AMOLED yang umurnya sudah tua. Tapi tidak menutup kemungkinan bisa terjadi di ponsel yang baru berumur beberapa bulan juga.

Masalah ini bisa terjadi karena layar AMOLED memiliki lampu di setiap pixel. Berbeda dengan LCD IPS yang memiliki sumber lampu bersamaan untuk semua pixel. Jika ingin menampilkan warna hitam, pixel tinggal mematikan lampu dibelakangnya. Sehingga umur di setiap lampu yang ada di pixel akan berbeda. Maka dari itu lama-kelamaan kita akan melihat umur pixel yang sudah tua atau malah mati melalui bayangan yang timbul di layar AMOLED, dan sifatnya permanen. Hal ini pasti akan terjadi di semua ponsel dengan layar AMOLED, semahal apapun ponsel tersebut.

Untuk mencegah hal ini terjadi lebih cepat kita jangan terlalu sering memaksakan ponsel menyalakan kecerahan dengan tingkat maksimal. Juga yang paling berpengaruh adalah kita jangan terlalu sering menampilkan gambar persistent atau gambar yang diam/tidak bergerak dalam waktu yang cukup lama. Katakanlah kita di setiap hari terlalu sering menampilkan suatu tampilan yang sama (misalkan gambar keyboard) secara non-stop sampai beberapa jam. Kemungkinan gambar yang ditampilkan tersebut akan berbekas di layar. Akan timbul bayangan dari tampilan yang sebelumnya sering ditampilkan.

Biasanya di layar ponsel yang selalu tampil adalah tombol navigasi. Kita menghilangkan tombol tersebut, dan menggantinya dengan navigasi gesture. Jadi sebisa mungkin kita menghilangkan sebuah tampilan yang selalu tampil dengan menggantinya atau tidak menampilkannya terlalu sering.

Dengan kita melakukan semua hal tersebut, kita bisa mengurangi terjadinya burn-in lebih cepat. Tapi tetap ­burn-in akan terjadi di layar AMOLED. Jadi kita hanya bisa memperlambat hal ini terjadi.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *