Bayi Kembar Hasil “Editing” Lahir Di China

Walaupun penduduk China terkenal akan padat penduduk dan produknya yang ada dimana-mana, mulai dari sendal sampai topi, China tidak henti-hentinya membuat inovasi. Mulai dari akan membuat bulan sendiri sampai yang terbaru adalah memodifikasi DNA Bayi. Eksperimen ini cukup mengejutkan seluruh dunia, karena biasanya memodifikasi DNA dilakukan pada hewan dan tumbuhan yang dimaksud agar membuat spesies yang baru atau tahan akan suatu perlakuan. Tapi kali ini dunia rekayasa genetika sudah merambah ke manusia dan bisa dikatakan cukup meresahkan.

He Jiankui dari Southern University of Science and Technology (SUST) di Shenzhen, mengatakan memakai sebuah alat editing gene yang mutakhir yang disebut dengan CRISPR cas-9, yang membuat bayi kembar yang bernama Lulu dan Nana ini kebal dari virus HIV. Belum ada seorangpun yang melakukan dan memverivikasi prosedur ini di sebuah jurnal. Walaupun bayi yang dilahirkan tahan akan HIV, tetap saja He Jiankui dikritik pedas akan tindakannya ini. Pemerintah China langsung melakukan investigasi begitu video tentang bayi ini disebarkan di Youtube pada senin lalu.

prinsipnya alat CRISPR-cas9 ini memasukan atau menonaktifkan beberapa gen. Dalam kasus ini He Jianku menghapus pintu masuknya virus HIV. Mengedit gen embrio pada dasarnya dilarang keras, khususnya di negara Amerika Serikat. Jika di inggris diizinkan dalam hal ini, tapi hanya dalam konteks penelitian.

Sebenarnya kedua orang tua tidak menginginkan bayi mereka “diedit”, mereka hanya menginginkan anaknya nanti normal seperti anak-anak lain. Karena ayah dari bayi kembar ini telah mengidap virus HIV yang kemungkinan besar akan diturunkan ke anaknya. He Jiankui berkata bahwa teknologi ini akan banyak dibutuhkan oleh keluarga lainnya, dan dirinya siap untuk menerima kritikan dari berbagai pihak atas tindakannya ini.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *