Selamat Tinggal Aplikasi Periscope ! 6 Tahun Yang Sangat Berpengaruh

  • Home
  • Fix-Tory
  • Selamat Tinggal Aplikasi Periscope ! 6 Tahun Yang Sangat Berpengaruh

Setelah 6 tahun menjadi layanan streaming dari ponsel, Periscope akhirnya tutup usia. Aplikasi yang diluncurkan untuk iOS dan Android ini pada 1 April lalu telah resmi ditutup dan tidak dapat diakses lagi. Walaupun periscope tidak dapat bersaing dengan berbagai kompetitornya, tapi aplikasi ini cukup berpengaruh.

Beykpour dan Bernstein adalah orang dibalik terbentuknya aplikasi Periscope. Awalnya mereka membuat perusahaan pada Februari 2014 lalu dengan nama Bounty. Mereka berhasil mengumpulkan dana sampai 1,5 juta USD dari berbagai investor.

Akhirnya pada tahun Januari 2015 lalu diakuisisi oleh Twitter. Akuisisi ini memakan biaya sampai diatas 50 juta USD. Awalnya dirilis hanya untuk Android, tapi perlahan iOS juga dirambah oleh Periscope. Pada masa kejayaannya pericope mengklaim satu hari sudah ditonton sampai 40 tahun. Lalu pada rahun 2016 periscope merilis fitur live streaming langsung dari GoPro.

Periscope juga mengamalami hal pahit, seperti dilarang di Turki karena digunakan oleh oposisi Turki sebagai media live streaming.

Lalu akhirnya pada 20 Desember 2020, Twitter mengumumkan akan menghentikan layanan Periscope pada 31 Maret 2021. Karena tidak mampu bersaing dengan aplikasi sejenis lainnya seperti TikTok, Instagram, Snapchat, Youtube, dan lain-lain. Tapi situs resmi Periscope masih bisa diakses untuk para penggunanya. Tentunya isinya berisi berbagai konten yang pernah diupload di Periscope.

Mungkin Periscope tidak setenar aplikasi lainnya. Tapi aplikasi ini memberikan dampak yang berpengaruh untuk perkembangan aplikasi layanan streaming yang ada saat ini.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *