Aplikasi Muslim Pro “Menjual” 98 Juta Data Pengguna Ke Amerika

  • Home
  • Fix-Info
  • Aplikasi Muslim Pro “Menjual” 98 Juta Data Pengguna Ke Amerika

Kabar mengejutkan datang dari aplikasi yang cukup banyak diunduh oleh umat islam, yaitu Muslim Pro. Diketahui aplikasi ini menjual data dari 98 juta penggunanya ke Militer Amerika Serikat. Jadi bisa diketahui lokasi dan hal lainnya. Tapi bagaimanakah tanggapan dari pihak Muslim Pro?

Dikutip dari Pikiran Rakyat, Militer Amerika Serikat (AS) membeli data lokasi 98 juta pengguna Muslim Pro. Militer AS membeli data dari salah satu pialang data pihak ketiga tersebut. Mereka mengandalkan sebuah perusahaan bernama Babel Street, yang menciptakan produk bernama Locate XUS Special Operations Command (USSOCOM), ini adalah sebuah cabang militer AS yang ditugaskan untuk melawan bentuk terorisme, pemberontakan, atau pengintaian khusus. Babel street membeli akses ke locate X untuk membantu operasi pasukan khusus yang berada di luar negeri.

Lalu sumber lainnya adalah melalui perusahaan bernama X-Mode, yang memperloeh data langsung dari aplikasi Muslim Pro. Mereka menjual data tersebut ke kontraktor dengan ekstensi militer.

Militer AS mengunakan jenis data GPS berbeda yang dikumpulkan dari kartu SIM para pengguna. Nantinya akan dikirim drone terhadap pengguna tersebut, kalau memang pengguna tersebut adalah anggota teroris. Diketahui saat ini sedang memburu anggota Taliban.

Tentunya hal ini menimbulkan pro dan kontra. Karena tanpa sepengetahuan pengguna, data mereka dijual tanpa izin. Tapi dikutip dari Teknologi.bisnis.com, Muslim Pro telah melakukan klarifikasi. Tentunya mereka menyangkal hal ini. Muslim Pro mengklaim mereka mengedepankan privasi dari pengguna. Dikatakan bahwa saat ini Muslim Pro menghentikan Kerjasama dengan semua partner data yang diduga menjual data mereka, termasuk X-Mode.

Tapi tentunya saat ini Muslim Pro sedang melakukan investigasi internal dan meninjau berbagai kebijakan data yang dikelolanya.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *