Apakah Fitur Night Mode di Ponsel Membuat Tidur Lebih Nyenyak?

  • Home
  • Fix-Tips
  • Apakah Fitur Night Mode di Ponsel Membuat Tidur Lebih Nyenyak?

Blue-light cukup berbahaya bagi kesehatan mata. Mulai dari mengurangi sensitifitas retina sampai mengganggu kualitas tidur. Blue-light bersumber dari banyak hal, mulai dari televisi, sinar matahari, lampu, sampai layar ponsel. Untuk mengurangi cahaya ini banyak ponsel yang mendukung fitur night mode. Tapi apakah fitur ini berpengaruh untuk mengurangi bahaya yang mungkin terjadi pada mata?

Dikutip dari Well and Good, sebuah penelitian menemukan bahwa night mode sebenarnya tidak memberi perbedaan yang mencolok dibanding mode biasa. Penelitian ini dilakukan oleh Rensselaer Polytechnic Institute. Mereka menemukan bahwa baik night mode menyala atau tidak, masih berpengaruh dengan melatonin, atau lebih dikenal dengan hormone tidur.

Jika nightmode menyala memang memberikan efek yang lebih nyaman kepada mata. Warna menjadi lebih warm dan membuat mata lebih nyaman. Dengan merubah tone warna layar menjadi lebih warm menunjukan bahwa warna biru dikurangi. Tapi sebenarnya radiasi blue light masih ada dan tetap berpengaruh kepada kualitas tidur.

Jika teman-teman Fixme selalu menyalakan night mode dan lebih cepat tidur, kemungkinan besar itu adalah dari sugesti. Karena menurut penelitian yang ada, fitur nightmode tetap memancarkan blue-light.

Jadi memang jika ingin kualitas tidur lebih baik, bukan dengan menyalakan night mode pada ponsel. Tapi tidak menggunakan ponsel 1-2 jam sebelum tidur. Karena bisa memberikan rasa addict dengan ponsel memberikan berbagai informasi dan notifikasi yang ada.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *