Android 11 Akan Membatasi Aplikasi Kamera Seperti “GCam”

  • Home
  • Fix-Info
  • Android 11 Akan Membatasi Aplikasi Kamera Seperti “GCam”

Selain membawa berbagai fitur baru dan performa yang ditingkatkan, Android 11 akan meningkatkan keamanan. Salah satunya Google akan memaksa penggunanya hanya bisa mengambil gambar dan video menggunakan aplikasi kamera bawaan ponsel. Walaupun menginstal aplikasi kamera lain, pilihan utama untuk mengambil gambar tetap aplikasi kamera bawaan.

Dikutip dari Google, melalui The Verge, Langkah ini dilakukan untuk mencegah hal yang tidak diinginkan. Aplikasi kamera pihak ketiga kemungkinan besar bisa mengambil Langkah yang tidak diinginkan seperti diam-diam mencuri berbagai data pengguna tanpa izin atau mengetahui lokasi pengguna tanpa alasan yang jelas.

Pengguna tetap bisa menginstal aplikasi pihak ketiga seperti Gcam atau aplikasi kamera lainnya, hanya kabarnya hasil foto yang diambil tidak akan tersinkronisasi dengan foto atau galeri lain. Aplikasi pihak ketiga tidak bisa digunakan sebagai aplikasi default untuk mengambil gambar. Kita harus membukanya secara manual.

Belum diketahui lebih lanjut apakah diperketat keamanannya ini akan lebih rumit atau tidak. Yang pasti hal ini dilakukan untuk melindungi privasi penggunanya yang semakin hari semakin rentan untuk dijual ke pihak yang tidak bertanggung jawab.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *