8 Fitur Menarik di iOS 14

Di hajatan Apple WWDC 2020 ini cukup banyak yang menarik. Salah satunya Apple memperkanalkan iOS 14 yang cukup membawa perubahan yang menarik. Walaupun sekilas hal tersebut sudah ada di Android, Tapi iOS 14 ini patut untuk ditunggu karena lebih dari itu.

1.UI

Hal yang menarik di iOS 14 ini adalah penampilannya yang berbeda. Kini perangkat iPhone bisa menambahkan berbagai widget menarik yang menyatu dengan home screen.

Pengguna juga kini bisa lebih bebas mengatur tampilan home screen dengan adanya App library. Nantinya para pengguna bisa melihat penempatan aplikasi yang lebih rapih karena aplikasi yang terinstal otomatis disortir berdasarkan kategori tertentu.

2.Telepon dan Siri Compact

Siapa yang tidak kesal jika ada telepon di iPhone langsung mengganggu aktifitas yang sedang dijalankan. Sekarang di iOS 14 akan langsung lebih simple. Karena jika ada FaceTime atau panggilan telepon biasa, notifikasi akan hadir dibagian atas. Jadi tidak akan fullscreen menutupi seluruh layar lagi.

Sama halnya dengan Siri. Siri akan hadir dengan desain lebih minimalis dan compact. Sehingga akan lebih mudah untuk dilihat. Selain itu Siri juga akan 20x lebih pandai dalam menangani berbagai perintah dan pertanyaan para penggunanya.

3.App Clips

App clip akan membawa pengalaman menemukan suatu produk, aplikasi, menyewa sepeda, dan hal lainnya menjadi lebih mudah dan menarik. Para pengguna bisa melihat berbagai produk dengan melakukan scan QR atau memanfaatkan NFC. Nanti akan langsung muncul suatu pesan atau suatu aplikasi atau juga suatu perintah lainnya yang muncul di layar iPhone.

4.Messages

Media perpesanan di ekosistem Apple selalu menjadi salah satu alasan orang-orang memilih Apple. Kini Apple meningkatkan berbagai fitur seperti memoji baru dan lebih beragam, memilih pesan yang penting dengan menyimpannya paling atas, dan mengelompokan pembicaraan berdasarkan foto atau memoji.

5.Maps Yang Meningkat

Google Maps saat ini selalu menjadi salah satu media navigasi atau peta yang banyak digunakan. Tapi Apple tidak mau kalah dengan meningkatkan fitur dari Maps milik Apple. Kini apple akan menyediakan arah untuk bersepeda, kendaraan elektrik, dan arahan lainnya. Semua akan dibantu dan diatur dengan AI yang membantu melewati setiap keramaian. Setiap kendaraan akan memiliki arahan yang berbeda, apalagi kendaraan elektrik yang belum banyak digunakan.

Tentunya akan hadir juga untuk mencari restoran terkenal, tempat hiburan menarik, dan lainnya.

6.Privacy Feature

Apple memang terkenal dengan ekosistem baik, aman, dan tertutup. Tapi kini Apple agak terbuka dengan memperlihatkan kegiatan perizinan berbagai aplikasi layaknya Android. Format yang dihadirkan cukup mudah dipahami dan mudah diatur. Mana aplikasi yang sering mengakses lokasi dan lainnya.

7.Translate

Apple tidak mau kalah juga mengenai aplikasi penerjemah. Kini aplikasi bernama Translate bisa menerjemahkan dua Bahasa berbeda secara offline. Aplikasi ini juga bisa ditaruh secara landscape, sehingga nanti dua orang berbeda Bahasa bisa mengobrol secara simultan dengan memanfaatkan mic di dalam ponsel.

 

8.Car Key

Car key ini sangat berguna untuk sekarang dan masa depan, fitur ini menyimpan berbgai kunci elektrik mobil. Tentunya dibekali dengan keamanan yang tinggi supaya tidak mudah dibobol dengan U1 chip. Dengan fitur ini pengguna bisa membuka dan mengemudikan mobilnya tanpa mengeluarkan iPhone dari tas. Fitur ini akan tersedia untuk tahun depan.

Masih banyak fitur yang nanti akan datang di iOS terbaru ini. Saat ini iOS 14 masih dalam tahap pengembangan. Seperti biasa Apple akan merilis iOS 14 ini ke public bersamaan dengan iPhone 12 yang nanti akan hadir pada akhir tahun 2020 ini.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *