6 Teknologi di Piala Dunia 2018 Rusia

Piala Dunia 2018. Ajang Turnamen 4 tahunan ini sudah sangat ditunggu tunggu oleh masyarakat dunia. Tidak hanya menyuguhkan turnamen sepak bolanya, ternyata ada teknologi yang super canggih loh di balik turnamen tersebut. Biasanya masyarakat pada umumnya lebih fokus memperhatikan pemainnya, nah bagi Anda pecinta bola sekaligus pengamat teknologi jangan lupa untuk memperhatikan sang wasit. Kenapa yaa? Wasit piala dunia 2018 ini bisa dibilang sosok yang banyak dibekali dengan teknologi yang mumpuni. Tidak hanya itu teknologi yang diaplikasikan pada piala dunia ini di terapkan di beberapa aspek, diantaranya mulai dari perlengkapan wasit, gawang, hingga bola pertandingan nya loh. Banyak sekali keuntungan yang didapat dari teknologi yang diterapkan tersebut. Selain membantu wasit juga membantu menyemakaran pertandingan piala dunia tahun ini.

tekologi tersebut diantaranya :

  1. VAR
sumber : forbes

Video Asisstant Referee (VAR) merupakan sistem yang meliputi 13 orang pembantu wasit sepanjang perhelatan Piala Dunia 2018. Dari belasan orang tersebut, dipilih seorang petugas yang menjadi pengambil keputusan utama dan tiga orang asisten sebagai pembantunya untuk tiap-tiap pertandingan. Tim ini sangat membantu pekerjaan wasit. Tim ini terdiri dari Kepala VAR, asisten, dan operator replay. Idenya sederhana, yakni membantu wasit dalam memutuskan untuk memberikan kartu kuning, kartu merah, tendangan bebas, atau off side.Petugas akan mengamati reka ulang tiap kejadian dalam pertandingan melalui sejumlah kamera, rekaman slowmotion  pun juga dihadirkan untuk membantu mengambil keputusan.  wasit dan petugas hub dihubungkan denga jalur komunikasi sistem radio berbasis fiber. Para penonton yang menyaksikan lewat televisi pun dapat menyaksikan proses pengambilan keputusan lewat VAR saat wasit melihat layar di lapangan.

2. GLT

Belum cukup hanya dengan VAR, wasit pun juga dibantu dengan Goal-line Technology atau kerap disingkat menjadi GLT, yang memanfaatkan sistem Hawk-Eye. Sistem tersebut menggunakan kamera canggih yang dibekali sensor untuk mendeteksi bola dan pergerakan pemain per milimeter untuk memastikan apakah bola sudah melewati garis gawang atau belum.

Belasan kamera tersebut akan melacak pergerakan bola, mengubahnya ke dalam tampilan tiga dimensi, dan menentukan apakah gol sudah terjadi atau belum. Sistem yang dimiliki oleh GoalControl ini hanya membutuhkan satu detik untuk menjalani serangkaian proses tersebut dan mengirim keputusannya ke wasit di lapangan.

3. Telstar

sumber : wikipedia

Telstar 18 adalah bola resmi yang digunakan sepanjang Piala Dunia 2018. Desain bola tersebut juga mengikuti satelit  dengan dominasi warna hitam dan putih. Selain itu, warna ini juga dipilih sebagai pengulangan dari versi orisinal Adidas Telstar, yang digunakan pada Piala Dunia 1970. Telstar 18 dilengkapi desain panel dengan pola piksel yang memiliki daya tahan lebih lama. Selain itu, bentuk panel yang menyerupai bentuk kipas juga dihadirkan untuk membantu bola melayang lebih stabil saat berada di udara. Piala Dunia Rusia kali ini, Adidas memproduksi bola dengan menggunakan teknologi baru. Sebuah NFC dipasang di dalam bola. Teknologi NFC dipasang di dalam bola, dimana dari NFC tersebut memberikan sinyal, melalui transmisi radio jarak pendek. Dari NFC tersebut, informasi terhubungkan ke smartphone maupun ke EPTS.

4. Kamera UHD 4K

Kamera yang digunakan pada piala dunia 2018 sebanyak 33 unit dengan teknologi Ultra High Definition (UHD) 4K. Kemera 4K adalah kamera video dengan resolusi sangat tinggi. Kamera ini mampu merekam video dengan resolusi 4 kali lebih detail dari kamera HD “biasa”. Kalau dengan hitungan piksel, kamera 4K jumlahnya 3840×2160 atau setara dengan 8 MP. Dari 33 unit kamera yang terpasang di setiap stadion, 21 unit menggunakan kamera UHD 4K. Sementara 8 kamera digunakan khusus untuk pengambilan gambar slow motion, 4 kamera menggunakan teknologi ultra slow motion. wow Sangat caggih ternyata…

5. Melacak Jejak Tim via Electronic Performance and Tracking Systems(EPTS)

Teknologi lain yang sangat dibutuhkan oleh Pelatih adalah Electronic Performance and Tracking Systems (EPTS). EPTS adalah sebuah sistem berbasis tablet yang bisa melacak statistik segala hal mengenai pertandingan maupun pemain selama Piala Dunia 2018.

Melalui sebuah tablet, pelatih akan memonitor pertandingan lawan, ranking tim lawan, aksi pemain, dan lain sebagainya. Semua bisa dimonitor secara real time.  Teknologi ini memudahkan pelatih untuk menyusun strategi. Selain itu, EPTS juga berguna untuk melihat data fisik pemain, mulai dari denyut nadi, ukuran berat, kadar gula, dan data fisik lain.

6. Koneksi Dahsyat 5G

Di Piala Dunia 2018 ini, tak lagi memakai teknologi 4G, melainkan sudah menerapkan teknologi 5G. Meski baru uji coba, yang dilakukan oleh TMS dan Megafon, namun teknologi 5G sudah diterapkan selama berlangsung Piala Dunia 2018. Diharapkan, setelah Piala Dunia kelar, jaringan 5G sudah tersedia di Rusia secara komersial pada 2019.

Ericsson dan MTS telah menyebar Massive MIMO, sebuah teknologi telepon selular yang canggih. Penyebaran dilakukan di 40 lokasi di 11 kota Rusia yang stadionnya dijadikan tempat pertandingan. Jaringan yang disebarkan Ericsson dan MTS termasuk di dalam stadion, zona penonton, pusat transportasi (bandara, terminal bus, maupun stasiun kereta api), serta landmark terkenal di Rusia, termasuk lapangan Merah di Moscow.

Kenapa harus menggunakan 5G? Dengan menggunakan sejumlah teknologi, 5G wajib hukumnya. Betapa tidak, dengan 5G, kecepatan men-download dan upload jelas semakin cepat. Bagi mereka yang tak sempat menyaksikan tv, tetapi menggunakan video streaming tentu sangat membantu, karena streaming kecepatannya bagai “kilat”. Video dengan kualitas UHD 4K jelas makin kinclong. Betapa tidak, dengan 5G, diperkirakan jaringan mampu menyediakan aliran data dengan kecepatan 10 Gb/ detik. Bahkan ada yang mengatakan, mencapai 800 Gb/ detik

 

sumber :

https://inet.detik.com/cyberlife/d-4073448/deretan-teknologi-canggih-di-piala-dunia-2018

https://www.kompasiana.com/ombrill/5b28e16acaf7db2103647c22/lima-teknologi-di-piala-dunia-2018



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *