5 Alasan Tidak Membeli TWS

Banyak berbagai jenis earphone, handsfree, headphone, dan headset tanpa kabel di pasaran. Jenis tanpa kabel atau wireless ini memberikan berbagai macam fitur layaknya berjenis kabel. Tapi sebenarnya ada 5 alasan tersendiri kenapa perangkat berjenis wireless ini tidak wajib dibeli. Mulai dari kualitas sampai ketahanannya yang harus diperhatikan.

Mempunyai teknologi tanpa kabel bukan berarti bagus. Ketidak hadiran kabel ini memang diperuntukan untuk perangkat yang tidak memiliki jack 3,5mm atau memang untuk orang yang tidak suka adanya kabel karena sering putus atau kusut. Tapi ada 5 alasan penting kenapa perangkat wireless ini masih tidak harus dibeli dan bahkan masih belum bisa mengganti pendahulunya yang memiliki kabel.

 

1.Berkabel Mempunyai Performa Baik

Wireless tidak mempunyai performa yang bisa menandingi earphone berkabel. Bukan berarti semua earphone yang berkabel memiliki performa lebih baik secara total, tapi jika dibandingkan secara fair dari beberapa aspek seperti harga, yang mempunyai kabel lebih baik.

Terutama dalam hal transmisi. Bluetooth memang sudah bisa memberikan kualitas music yang baik. Tapi tetap memiliki Batasan dibanding berkabel. Terutama dalam hal delay. Earphone atau headset berkabel hamper tidak memiliki jeda. Sedangkan wireless akan mempunyai jeda dalam memberikan musik antara perangkat dan telinga kita. Jadi ini akan mengganggu, terutama untuk orang yang melakukan editing video atau audio karena hadirnya delay atau jeda ini.

Pasti dari tahun ke tahun kualitas dan jeda pada wireless akan lebih baik. Tapi akan sulit untuk mengalahkan teknologi “berkabel” ini.

 

2.Baterai

Memang banyak earphone atau headset yang memberikan ketahanan baterai yang baik. Semakin tinggi kualitas dan fitur yang diberikan biasanya baterai akan semakin boros. Baterai di perangkat ini akan sulit untuk diganti atau dibenarkan. Sehingga jika terjadi kerusakan atau baterai sudah kurang bagus, akan sangat repot jika mendengarkan musik karena akan sering mati.

 

3.Harus Membayar Ekstra

Ingin kualitas earphone wireless yang bagus atau hampir menyamai teknologi berkabel? Pasti ada. Tapi harganya tidak akan murah.

 

4.Ketahanan

Tentunya earphone berkabel jika terbentur atau tertindih benda lain berpotensi rusak. Begitupun yang wireless. Kedua jenis perangkat ini ada yang memiliki ketahanan air atau keringat. Tapi untuk wireless, karena di dalamnya ada komponen baterai, Bluetooth, dan teknologi tambahan lainnya yang tidak ada pada earphone berkabel, hal ini akan membuatnya lebih rentan masalah ketahanan. Tentunya jika terjadi kerusakan juga akan lebih mahal.

 

5.Kepercayaan

Tentunya vendor manapun yang sudah memiliki earphone berkabel, biasanya memiliki juga varian wireless untuk memenuhi permintaan pasar. Tapi dari rangkuman yang sudah disebutkan diatas, untuk membeli perangkat tanpa kabel atau wireless akan sangat sulit dalam hal kepercayaan. Karena memiliki teknologi baterai dan ketahanan yang lebih rentan, earphone atau headset jenis ini akan memiliki umur yang lebih pendek dibanding berkabel. Tentunya memang semua tergantung pemakaian. Tapi karena ada efek dari berbagai teknologi di dalamnya yang lebih kompleks, jika ada kerusakan akan sangat rumit dan mahal.

Jadi sulit jika merekomendasikan mana earphone wireless yang awet, tahan lama, dan kualitas dijamin bagus seperti yang memiliki kabel.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *