4 Langkah Yang Harus Dilakukan Jika Ponsel Terkena Air

  • Home
  • Fix-Tips
  • 4 Langkah Yang Harus Dilakukan Jika Ponsel Terkena Air

Ponsel dengan ketahanan air semakin diperhatikan oleh banyak orang. Tapi memang harganya tidak murah biasanya. Alhasil membeli ponsel biasa yang tidak mempunyai ketahanan air. Dan banyak yang bingung harus dibagaimanakan jika ponsel itu tidak sengaja terkena air atau kehujanan. Apakah harus didiamkan saja atau dibagaimanakan ?

Sebelum membahas perlakuan jika ponsel terkena air. Fixme akan mengingatkan sekilas tentang ponsel yang mempunyai ketahanan air ini. Karena ponsel yang benar-benar mempunyai ketahanan air dan debu mempunyai sertifikasi. Yang mempunyai ketahanan air dan debu yang baik adalah yang mempunyai sertifikasi IP67 dan IP68. Jika ponsel mempunyai sertifikasi ini, pasti di dalam kotak penjualan atau situs resmi ditulis.

Jika teman-teman Fixme mempunyai ponsel yang tidak mempunyai sertifikasi itu dan tidak sengaja masuk ke air atau terkena hujan yang besar, ada beberapa langkah yang harus diperhatikan jika tidak ingin terjadi kerusakan.

1.Jangan Dinyalakan

Iya ini adalah langkah awal paling mudah. Kebanyakan orang saat ponsel terkena air dalam jumlah yang banyak langsung menyalakan ponsel tersebut. Lebih baik jangan dilakukan. Karena bisa terjadi konsleting dan ada kerusakan komponen lain. Tapi jika memang yakin hanya terkena air sedikit dan tidak masuk ke lubang manapun, bisa dinyalakan. Jika ragu, lebih baik jangan dinyalakan.

2.Cabut semua komponen yang bisa dicabut

Selanjutnya adalah mencabut semua yang bisa dicabut. Hal yang dicabut ini adalah seperti baterai (jika bukan tipe tanam), simcard, dan memory card. Semuanya harus dicabut dan jangan dimasukan kembali jika yakin sudah kering.

3.Rendam beras atau silica gell

Ini langkah yang mungkin “primitive” tapi memang sangat manjur. Beras adalah makanan yang sangat mudah menyerap air. Atau memang lebih baik mempunyai silica gell. Ponsel yang sudah dicabut seluruh komponennya lebih baik direndam ke beras. Agar air yang di dalamnya bisa terserap. Juga ikut masukan simcard dan baterai jika memang sudah dicabut.

Rendam dengan beras atau silica gell bisa semalaman. Jika teman-teman menggunakan silica gell, pastikan silica gell berwarna biru. Karena biru menandakan masih kering. Jika sudah berwarna merah muda itu sudah jelek untuk digunakan. Malah akan membuat ponsel lebih lembap. Jika mempunyai silica gell berwarna merah muda bisa memanaskan kembali dengan menyangrainya.

4.Hair dryer

Untuk memastikan kering, teman-teman Fixme bisa memanfaatkan hair dryer untuk mengeringkan ponsel. Tapi pastikan jangan terlalu panas agar tidak merusak komponen. Dan jangan langsung menggunakan hair dryer jika masih basah, dikhawatirkan air akan menyebar ke komponen lain. Bisa mengeluarkan uapnya ke setiap celah ponsel yang ada.

Jika masih tidak menyala dan ada kerusakan lebih baik langsung dibawa ke ahlinya. Jangan dipaksakan terus menyala dan beroperasi.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *