4 Fitur Google Maps Yang Belum Diketahui Banyak Orang

  • Home
  • Fix-Tips
  • 4 Fitur Google Maps Yang Belum Diketahui Banyak Orang

ditengah kepadatan kendaraan yang semakin tinggi, mencari tempat leburan atau sekedar mencari tempat parkir akan semakin sulit. Apalagi jika tiba-tiba ponsel tidak dapat mengakses internet, alhasil membuka Google Maps menjadi sulit. Tapi sebenarnya Google Maps mempunyai 4 fitur tersembunyi untuk mengatasi semua masalah itu.

Google Maps memang bukan hal baru. Biasanya Google Maps digunakan untuk mencari arah dari lokasi tertentu. Tinggal memasukan alamat atau koordinat yang dimiliki, lalu tinggal meminta arah, dan pilih kendaraan apa yang dipakai agar bisa menyesuaikan dengan keadaan. Google Maps juga bisa digunakan untuk melihat kepadatan lalu lintas secara real time. Tapi sebenarnya Google Maps mempunyai fitur sepele yang sangat berguna dan lebih dari itu.

1.Offline Maps

Belum banyak orang yang memanfaatkan offline maps. Padahal fitur ini sangat berguna. Apalagi jika menuju lokasi yang sangat kesulitan mencari sinyal. Jadi fitur ini bisa digunakan sebelum ke lokasi tujuan. Dan bisa dimanfaatkan jika menemukan jaringan cepat atau WiFi, sebelum menuju lokasi tujuan. Caranya cukup mudah :

  1. Masukan destinasi di Google Maps.
  2. Jika sudah muncul, pilih 3 garis dibagian kiri untuk memunculkan pilihan lain.
  3. Pilih offline maps.
  4. Nanti akan muncul kotak yang menunjukan skala peta yang akan diunduh.
  5. Pilih download

Nanti peta akan otomatis selalu berjalan walau sedang tidak ada kuota. Tapi akan tetap berjalan hanya dengan memanfaatkan GPS.

 

2.Merencanakan Rute Liburan

 

Jika memanfaatkan Google Maps untuk mencapai tujuan tertentu, Google akan memberikan estimasi waktu. Tapi terkadang waktunya tidak akurat. Itu terjadi karena teman-teman Fixme tidak mengatur tempat pemberhentian saat melakukan perjalanan. Karena pasti di perjalanan ada tujuan lain yang ingin disinggahi atau sekadar untuk beristirahat.

  1. Pilih destinasi di Google Maps.
  2. Pilih Direction atau arah.
  3. Sesudah muncul jalur berwarna di Google Maps, pilih 3 titik di pojok kanan atas untuk memilih opsi lain.
  4. Pilih Add Stop, sebagai tempat pemberhentian atau tempat tujuan lain sebelum ke lokasi
  5. Nanti lamanya waktu akan menyesuaikan dengan tempat pemberhentian yang sudah ditambahkan.

 

3.Tempat Parkir

Google Maps sebenarnya mempunyai fitur untuk mencari tempat parkir terdekat. Tapi sayangnya fitur ini belum ada di Indonesia. Jika Google sudah menerapkan secara luas, teman-teman Fixme dapat menemukan tanda “P” di aplikasi.

Tapi jangan khawatir, karena ada fitur berguna lainnya mengenai masalah parkir ini. Teman-teman Fixme bisa menandai lokasi tempat parkir berada. Pasti tidak sedikit yang lupa memarkirkan mobil atau motor dimana. Google bisa mengingatkan dengan menyimpan titik lokasi penyimpanan. Cukup simple, jika sudah menempatkan mobil, tinggal membuka Google Maps, dan klik ikon biru yang menandakan lokasi sendiri sekarang berada. Nanti ada pilihan menandai tempat parkir. Jadi nanti tidak akan kehilangan arah saat mencari tempat parkir semula.

4.Melihat Tempat Tujuan

Mungkin ini yang agak paling dikenal dibanding sebelumnya. Tapi masih ada yang belum mengetahuinya. Jika teman-teman Fixme ingin mengunjungi suatu lokasi, bisa melihat tempat dan jalan sekitar tujuan. Tinggal memasukan tujuan lokasi, nanti dibagian bawah akan ada foto kecil yang menunjukan tempat tujuan tersebut. Jadi akan lebih mudah untuk mengenali jalan dan tempat yang akan dituju. Ini merupakan fitur dari Google Street, yang dulu memisah dari Google Maps.

Jadi itu dia 4 fitur sederhana Google Maps yang belum banyak diketahui orang dan masih belum digunakan secara maksimal. Jadi dengan mengetahui ini, teman-teman Fixme tidak akan merasa tersesat dan kesulitan lagi ya!



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *