3 Cara Menyimpan Catatan Penting Di Gadget

Tidak bisa dipungkiri smartphone atau tablet menjadi media yang dijadikan untuk penunjang produktifitas. Mulai dari komunikasi , bisnis sampai media belajar. Banyak juga yang menggunakan smartphone atau tablet untuk menjadikannya sebagai buku catatan. Karena kebanyakan smartphone atau tablet lebih mudah diingat untuk dibawa dibanding buku catatan.

Banyak media untuk menulis catatan. Dari sampai aplikasi bawaan dan pihak ketiga. Tapi banyak orang yang lupa tidak menyinkronkan catatan tersebut secara online. Yang hasilnya jika perangkat rusak , hilang atau berganti perangkat. Catatan tersebut hilang. Kalaupun ingat biasanya kebanyakan backup dengan memindahkannya manual “copy-paste”.

Solusinya adalah dengan memasang aplikasi catatan yang mendukung sinkronisasi online. Tapi dengan tidak terpaku dengan aplikasi catatan bawaan. Karena dikhawatirkan nanti kedepannya akan berganti perangkat yang berbeda. Kecuali memang teman-teman fixme pengguna loyal suatu brand yang jika berganti perangkatpun belinya brand itu juga. Yang pasti jika kedepannya yakin tidak akan berganti brand perangkat, tetap harus di sinkronkan dengan Email. Nah langsung saja ada 3 cara yang bisa dilakukan untuk masalah ini.

1. ColorNote

Aplikasi ColorNote ini adalah aplikasi penulis catatan paling ringan, simpel dan bisa sinkron dengan email google pastinya. ColorNote bisa membuat catatan biasa atau secara list jika ingin belanja. Jika bosan bisa berganti tema warna tapi sayangnya tidak bisa menulis dengan tangan atau pulpen. Walau minim fitur, tapi aplikasi ini tidak berat dan tidak memakan space banyak. Jika kalian punya laptop atau pc windows pun, catatan bisa dibuka dengan mengunduh aplikasi ini di store windows.

2. Evernote

Aplikasi ini tersedia di android , iOS dan windows. Aplikasi ini memang tersedia secara luas. Fiturnya pun lengkap. Mulai dari mengetik biasa, foto, memakai voice notes atau pulpen. Jika ingin membuka notes ini di 3 perangat dengan berbeda OS sekalipun bisa asalkan memakai email yang sama. Pokonya aplikasi ini super lengkap ! Tapi sayangnya untuk menikmati fitur lengkap dan penyimpanan lebih luas kalian harus membayar per bulannya. :’)

3. Google

Baik pengguna iOS atau OS lainnya pasti mempunyai email Gmail dari google. Cara ketiga ini lebih universal, luas dan gratis di perangkat manapun. Google banyak menyediakan fasilitas secara gratis yang sebenarnya belum banyak pengguna memaksimalkannya. Teman-teman Fixme bisa memanfaatkan Google docs, google keep dan google sheet. Tiga fasilitas itu bisa diakses melalui web browser dan pastikan sudah sign in akun google. Google docs dan google keep digunakan untuk mengetik dan menyimpan catatan secara terintegrasi dan google sheet bisa digunakan untuk menyimpan dan menghitung pengeluaran. Google sheet bisa digunakan lebih kepada angka-angka. Karena disitu seperti microsoft excel yang bisa digunakan rumus-rumusnya untuk menghitung.

Jika memang penyimpanan perangkat teman-teman Fixme masih banyak, bisa unduh dua aplikasi tersebut di aplikasi store yang tersedia. Walau memang ukurannya tidak sekecil dan seringan colornote. Tapi aplikasi ini lebih luas jangkauan dan fungsionalitasnya.

Nah itu dia tiga cara yang bisa digunakan untuk teman-teman Fixme untuk masalah penyimpanan catatan. Yang pasti mau pilih cara apapun, baik itu catatan ataupun suatu foto galeri. Pastikan semua disimpan secara online dan pastikan juga passwordnya aman.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *