15 Trick USB OTG Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

  • Home
  • Fix-Tips
  • 15 Trick USB OTG Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

On The Go atau OTG adalah suatu fitur yang selalu hadir di setiap ponsel saat ini. Biasanya dengan fitur ini banyak pengguna yang memanfaatkannya untuk mengakses flash disk langsung lewat ponsel. Tapi ada 14 hal yang bisa dilakukan dengan OTG ini disamping menggunakannya sebagai media flash disk. Mulai dari menggunakannya sebagai layar sampai modem.

1.USB Keyboard

Tentunya keyboard bisa dihubungkan melalui kabel OTG. Keyboard dengan USB atau keyboard dengan receiver Bluetooth bisa digunakan disini. Jadi akan lebih mudah untuk mengetik tugas atau pekerjaan lainnya.

2.Mouse

Jika keyboard bisa, pasti mouse juga bisa. Apalagi jika mempunyai keyboard+mouse yang mempunyai satu receiver melalui usb. Mouse digunakan di ponsel juga berfungsi untuk mengoperasikan ponsel jika layar teman-teman Fixme sedang bermasalah tidak bisa disentuh.

3.Kontrol Camera

Memang kamera saat ini bisa dioperasikan lewat Bluetooth atau wifi. Tapi jika kamera tidak mempunyai Bluetooth atau wifi, masih bisa dioperasikan melalui kabel yang dihubungkan ke ponsel. Jadi bisa mengontrol kamera lewat ponsel.

Atau dengan dihubungkannya dengan kamera, ponsel bisa menjadi layar tambahan yang bisa membantu saat fotografi atau videografi.

4.USB Gamepad

Bagi menyukai bermain game pasti masih ada yang menggunakan gamepad melalui kabel. Karena selain lebih responsif juga harganya lebih murah dibanding wireless.

5.External WiFi Card Reader

Jika mempunyai WiFi yang berbasis kartu di dalamnya, tentunya bisa digunakan disini. Jadi tidak perlu menggunakan PC atau laptop.

6.LAN Cable

Teman-teman Fixme cukup membeli sebuah converter usb ke kabel RJ45. Sehingga nanti bisa mengakses internet lewat kabel LAN. Nantinya bisa menikmati akses internet lebih cepat dibanding WiFi.

7.Printing

Jika mempunyai printer yang tidak memiliki fitur Wifi atau Bluetooth. Masih bisa menggunakan fungsi OTG. Tinggal dihubungkan ke printer dan pastikan ada aplikasi yang mendukungnya, langsung bisa print melalui ponsel.

8.USB  Flash disk

Yap hal ini yang paling banyak dilakukan. Dengan flash disk yang langsung bisa dicolok ke ponsel kita. Akan lebih mudah untuk memindahkan data dari satu tempat ke tempat lainnya.

9.Menghubungkan Ponsel

Ponsel satu dengan ponsel lainnya masih bisa terhubunng layaknya pc ke pc. Dengan fungsi OTG, teman-teman Fixme bisa memindahkan file secara langsung atau mengisi daya ponsel (jika fitur ponsel mendukung).

10.Modem

Jika kesulitan terhubung ke internet dan tidak ada WiFi. Modem masih bisa dihubungkan ke Android. Tapi pastikan modem memang bisa dihubungkan langsung ke ponsel dengan membaca dukungan system operasi yang bisa dihandle.

11.HDD

Menghubungkan harddisk atau SSD juga bisa dilakukan. Tapi hal ini membutuhkan kabel OTG yang khusus. Karena biasanya harddisk memiliki daya tertentu yang lebih besar untuk terkoneksi. Tapi jika SSD biasanya memiliki daya yang lebih rendah.

12.MiDi Keyboard

Jika teman-teman Fixme menyukai music, terutama keyboard bisa memanfaatkan ponsel atau tabletnya. Keyboard bisa dihubungkan melalui kabel dan menggunakan ponsel atau tabletnya sebagai media membaca atau merekam tuts yang ditekan.

13.External Mic

Bagi yang suka melakukan podcast atau merekam video dan membutuhkan suara yang berkualitas, bisa menghubungkan mic external. Dengan menghubungkannya melalui kabel OTG, suara yang direkam akan memiliki kualitas yang jauh lebih baik.

14.USB Fan

Untuk yang suka kepanasan, bisa memanfaatkan kipas USB. Banyak dijual di toko online barang sejenis ini. Mungkin angin yang dihasilkan tidak terlalu kuat. Tapi akan cukup berguna karena memiliki ukuran yang kecil.

15.USB Flash

Lampu LED bisa dihubungkan langsung ke ponsel. Selain berfungsi sebagai penerang di malam hari, lampu ini juga berfungsi untuk kalian yang menyukai selfie dan kondisi cahaya sedang minim.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *