10 Supercomputer Paling Canggih Di Dunia ! PC Gaming lewat ~

  • Home
  • Fix-Info
  • 10 Supercomputer Paling Canggih Di Dunia ! PC Gaming lewat ~

Komputer sudah menjadi makanan sehari-hari, mulai dari untuk sekedar hiburan sampai pekerjaan. Dimulai dari alat hitung sederhana dan berkembang pesat sampai menjadi komputer dengan ukuran yang masuk ke dalam tas. Tapi tetap masih ada komputer besar sampai memenuhi ruangan dan lebih canggih, yang disebut dengan supercomputer. Komputer ini biasanya memiliki tujuan khusus, mulai dari mengumpulkan data sampai mengatur kerjanya nuklir. Dan ini dia 10 supercomputer tercanggih yang ada di dunia.

 

10.The Earth Simulator

Dikembangkan oleh pemerintah Jepang dengan nama “earth Simulator Project”, ini adalah supercomputer yang sesuai namanya didesain secara parallel untuk “menjalankan” iklim di dunia, jadi mengevaluasi efek dari pemanasan global dan permasalahan geografis bumi lainnya.

The earth simulator merupakan supercomputer tercepat tahun 2002-2004. Performa benchmarknya mencapai 35.86 teraflops ( 1 teraflop  setara dengan 1 juta pekerjaan dalam 1 detik ).

9.IBM Roadrunner

Roadrunner adalah supercomputer buatan IBM yang dibangun untuk Los Alamos National Laboratory di Meksiko, Amerika Serikat. Komputer ini memiliki 296 server seluas 560 meter persegi. Department of Energy (DOE) memakai komputer ini untuk melakukan simulasi material nuklir, bagaimana kekuatannya dan keamannya. Komputer ini memiliki kecepatan sampai 1.7 petaflops (setara dengan seribu sejuta-juta pekerjaan)

8.The Cray-1

The Cray-1 dibangun oleh tim legendaris Seymour Cray pada tahun 1975. Komputer ini dulu berisi Freon sebagai pendinginnya dengan sistem 64-bit yang berjalan di 80 MHz dengan RAM 8MB. Supercomputer ini laku sampai 100 unit, dengan kecepatan 250 megaflops yang saat itu memang cepat dan tidak ada yang menandingi.

7.The Titan

The Titan atau OLCF-3 adalah supercomputer yang dibangun oleh Cray di Oak Ridge National Laboratory untuk kepentingan proyek sains. Komputer ini adalah versi pembaruan dari Jaguar, yang kecepatannya dari 10 petaflops menjadi 27 petaflops.

6.Sunway TaihuLight

Dibuat oleh NRCPC, Sunway TaihuLight saat ini ada di posisi ketiga dari 500 supercomputer tercepat menurut LINPACK benchmark dengan nilai sampai 93 petaflops. Komputer ini ada di National Supercomputing Centre di Wuxi. Komputer ini adalah supercomputer tercepat selama dua tahun dari 2016-2018, yang kemudian di salip oleh IBM.

Komputer ini terdiri dari control unit untuk kalkulasi yang di kembangkan sedemikianrupa, digunakan bertahun-tahun untuk menghitung berbagai formula ilmiah yang nanti diterapkan untuk penelitian penerbangan, perkiraan cuaca dan simulasi geografis.

5.The Connection Machine 5

Supercomputer ini adalah yang paling keren dan paling modern karena tampilannya yang futuristic. Supercomputer ini pernah tampil di ruang control film Jurassic park.

Dipakai oleh National Security Agency (NSA) ketika tahun 1991 sampai 1997. Dilengkapi dengan RAM sampai 2TB, komputer ini dapat performa sampai 65.5 gigaflops. Lampu yang ada dibagian luar bukan hanya hiasan semata, tapi itu menandakan setiap proses yang sedang berjalan, jadi bisa untuk diagnostic juga.

4.SpiNNaker

Dibangun di university of Manchester, supercomputer ini dibuat dari 1 juta prosesor yang mampu melakukan pekerjaan 200 triyun per detik, yang berarti bisa berjalan seperti neuron secara real time dibanding mesin yang lain. Dengan meniru otak manusia, dengan prosesor didalamnya dapat melakukan pekerjaan rumit.

3.The Summit

Juni 2018 ditetapkan hawa The Summit adalah supercomputer paling bertenaga di dunia. Supercomputer ini dapat melakukan pekerjaan sampai 200 exaflops atau satu unit dari satu miliar-miliar. Walaupun paling bertenaga, tapi The Summit masuk di urutan ke-5 supercomputer paling irit daya di dunia. The summit adalah supercomputer pertama yang mampu menempuh kecepatan dengan skala exa.

2.MareNostrum 4

MareNostrum adalah supercomputer pertama di Barcelona Supercomputing Centre. Dibangun di gereja Torre Girona, tepatnya di Polytechnic University Catalonia. Dioperasikan sejak tahun 2017 dengan kecepatan maksimal 11.15 petaflops. Walaupun lebih cepat dibanding versi sebelumnya, tapi versi ke-4 hanya memakan daya 30%.

1.CDC 6600

CDC 6600 adalah flagship dari komputer seri 6000, yang dibuat oleh Control Data Corporation (CDC). 6600 adalah supercomputer pertama yang sukses membangun industri dengan performa sampai 3 megaflops. CDC 6600 ada sejak tahun 1964-1969, yang kemudian diganti oleh CDC7600.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *