Ada 60.000 Kasus Bullying Yang Dilakukan Anak Melalui Google Docs

  • Home
  • Fix-Tory
  • Ada 60.000 Kasus Bullying Yang Dilakukan Anak Melalui Google Docs

Google docs menjadi pilihan bagi orang yang ingin menulis sesuatu lebih simpel. Karena tidak membutuhkan kapasitas besar, sinkronisasi online, bisa dibuka diperangkat manapun, dan yang pasti gratis. Tapi ternyata ada sisi gelap dari Google docs yang dimanfaatkan oleh anak-anak, yaitu mencapai 60.000 kasus anak melakukan berbagai kegiatan di google docs, termasuk bullying.

Google docs mempermudah penulisan suatu karya dengan orang lain dengan cara collaborator. Pengguna utama tinggal mengundang orang lain dengan mengirimkan email, lalu Bersama-sama bisa melakukan cross-check dengan mudah. Dan hal inilah yang dimanfaatkan oleh beberapa anak muda saat ini. Dengan membuat sebuah dokumen dan mengundang beberapa teman masuk ke dalamnya, bisa membuat suatu private chat, menggambar, berbagi link, upload foto Bersama, berbagi sticker, dan masih banyak lagi.

Google docs menjadi hal yang sulit untuk dicegah oleh para orangtua. Karena memang Google docs sangat dibutuhkan dan semua anak membutuhkan akun Google dimanapun. Dengan membuat Google docs, melakukan pembicaraan disana, lalu menghapusnya begitu pulang sekolah. Sangat mudah dilakukan dan tidak akan ada jejak mencurigakan. Hal ini banyak dilakukan karena tidak sedikit orangtua dan sekolah diluar sana yang melarang penggunaan telepon genggam. Jika bebas menggunakanpun, ada batasan dengan larangan beberapa aplikasi digunakan oleh anak.

Hal ini terungkap di forum Reddit, yang dimulai dari user yang mengungkapkan adik temannya yang melakukan pembicaraan di Google docs. Pengguna bernama Ijeoma Oluo mengungkapkan bahwa adiknya yang berumur 10 tahun dilarang menggunakan sosial media. Jadi dirinya menggunakan Google docs untuk berkomunikasi dengan anak lainnya.

Ternyata memang banyak hal serupa. Mulai dari berbagi gif unicorn, pembicaraan anak biasa, bahkan yang paling buruk ada yang melakukan bullying terhadap teman lainnya. Kasus lain ada yang melakukan peringkat anak terkeren dan tidak. Jika dilakukan berkepanjangan tanpa adanya kontrol, bisa mencapai lebih keras seperti senjata dan obat-obatan.

Aplikasi parental control bernama Bark mengungkapkan bahawa ternyata ada 60.000 kasus seperti ini di dalam Google docs. Bark menggunakan AI dalam mendeteksi dan mencari aktifitas yang mengindikasi cyberbullying, seperti predator online, obat-obatan, dan percobaan bunuh diri.

Hal ini dibutuhkan peran orangtua didalamnya. Dengan membatasi segala hal yang ada dalam anak secara berlebihan bisa memicu lebih dari hal ini. Dan tidak mungkin jika orangtua selalu mengontrol aktivitas, termasuk tulisan-tulisan yang ada di dalam Google docs. Lebih baik ada batasan yang wajar dan keterbukaan yang dibarengi oleh kontrol yang baik dari orangtua.

Tags ai indonesia amazon apple artificial intelligence artikel menarik asi bbm boring company boring company indonesia bulan bullying bullying adalah bumi drone drone murah dunia kiamat elon musk elon musk great elon musk indonesia elon musk weed fixme fixme bandung flash ojol forum hp asus forum hp lenovo forum hp oneplus forum hp oppo forum hp pocophone forum hp realme forum hp xiaomi google assistant google indonesia hp asus hp lenovo hp murah hp oneplus hp oppo hp pocophone hp realme hp spek dewa hp xiaomi indonesia inifixme ironman jasa jailbreak bandung jasa root android jasa root bandung jasa root gojek jasa root grab jasa servis handphone jasa servis laptop jasa servis tablet jasa software android jasa software bandung kasus anak kasus buli kasus buli online kasus cyberbullying kecerdasan buatan kecerdasan buatan indonesia listrik mars marvel mencegah buli mencegah bullying mencegah cyberbullying mobil listrik nuclear nuklir parental parental bark perang dunia perang dunia 3 perkembangan mobil perkembangan teknologi ramalan dunia ramalan kiamat review handphone review hp asus review hp lenovo review hp oneplus review hp oppo review hp pocophone review hp realme review hp xiaomi robot robot indonesia root ojol rumor senjata nuklir siri siri indonesia situs menarik situs teknologi spacex spacex indonesia spacex mars tesla tesla indonesia tips advan tips android tips asus tips beli hp murah tips gadget tips internet tips ios tips iphone tips lenovo tips miui tips moto tips oneplus tips oppo tips pocophone tips realme tips samsung tips servis murah tips vivo tips xiaomi


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *